Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Wisuda ke-74

Untar Ingin Bangun SDM Berjiwa Entrepreneur Berlandaskan Pancasila

Minggu, 6 Oktober 2019 20:30 WIB
Pelaksanaan wisuda ke-74 Untar di di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (6/10). (Foto: Dok. Untar)
Pelaksanaan wisuda ke-74 Untar di di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (6/10). (Foto: Dok. Untar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Tarumanagara (Untar), hari ini (Minggu, 6/10), menggelar wisuda ke-74, di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta. Wisuda ini mengambil tema, “Membangun SDM Berintegrasi dan Profesional Berjiwa Entrepreneur Berlandaskan Pancasila untuk Indonesia Jaya”. Tema ini merupakan implementasi dari tema Dies Natalis ke-60, “Untar untuk Indonesia”, yang digelar beberapa hari lalu.

Atas hal itu, Rektor Untar, Prof Agustinus Purna Irawan, meminta lulusan Untar harus selalu meningkatkan kompetensi dan kemampuan di berbagai bidang kehidupan. "Sehingga tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan peradaban di bidang yang ditekuni," kata Agustinus dalam sambutannya di wisuda itu.

Agustinus juga menyampaikan proses pembelajaran di Untar mengembangkan nilai integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship. "Ketiga nilai tersebut sangat diperlukan dalam memasuki dunia profesi yang penuh tantangan sekaligus peluang," ujarnya.

Baca juga : Kemnaker Dukung Pemkab Bandung Barat Luncurin Pelatihan Terintegrasi

Prestasi yang telah diraih Untar dalam Dies Natalis ke-60, kata Agustinus, adalah memperoleh akreditasi A (Unggul) untuk Institusi Perguruan Tinggi, Sertifikasi ISO 9001: 2015, Sertifikasi Penjaminan Mutu Internal, Akreditasi A untuk Perpustakaan, 3 Bintang QS Rating, Akreditasi Internasional Prodi Teknik Mesin dan Teknik Sipil, kenaikan peringkat ke-34 untuk Perguruan Tinggi Nasional, peringkat ke delapan Perguruan Tinggi Swasta Nasional dan Academic Leader Award 2019 Kemenristekdikti untuk Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor Perguruan Tinggi Swasta.

Pada wisuda ini, hadir Anggota DPRD DKI yang juga alumni Untar, Agustina Hermanto alias Tina Toon, serta Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. Keduanya menyampaikan orasi wisuda. Upacara wisuda ke-74 yang juga dihadiri Pembina dan Pengurus Yayasan Tarumanagara. Ada pun juga yang diwisuda sebantak 1.504 orang, berasal dari program S1, S2, dan S3 serta profesi dari delapan fakultas dan pascasarjana.

Tina Toon mengajak mahasiswa Untar untuk melek dengan dunia politik. "Anak muda harus melek dengan politik, jangan menjauhinya karena anak muda yang punya semangat juang tinggi," ujarnya.

Baca juga : Pertamina Dukung Entrepreneur Muda Go Internasional

Tina Toon lalu mengungkapkan alasan dirinya terjun menjadi politisi. Dia berharap, dengan terjun ke politik, dirinya bisa membantu banyak orang. Berbeda saat dirinya menjadi artis ataupun pengusaha, bantuan yang diberikan terbatas. "Saya senang bisa menjadi anggota DPRD membantu mengawasi anggaran dan bisa membantu dalam skala besar," tambah dia.

Ia juga menyebutkan sekarang merupakan eranya para generasi muda. Karena generasi mudalah yang akrab dengan teknologi yang ada saat ini.

Dalam kesempatan itu, Tina mengajak generasi muda untuk terus belajar meraih pendidikan tinggi. Saat ini, masih ada pekerjaan rumah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan strata tiga. Melalui jenjang pendidikan pula, terang dia generasi muda bisa mendapatkan logika berpikir untuk menyelesaikan masalah. Jadi selain ilmu, di jenjang perguruan tinggi bisa mendapatkan logika berpikir yang baik hingga jejaring.

Baca juga : KPK Perlu Obat Tuli dan Alergi

"Kita harus percaya diri dan tahu diri. Tahu diri bagaimana kemampuan kita, apa keunggulannya dan apa kekuranganya," papar Tina.

Tina lulus dari Magister Hukum Universitas Tarumanagara pada 2017. Pada saat menempuh studi magister itu ia tergerak untuk ikut terjun ke dunia politik. "Sebagai anak muda milenial, jangan patah semangat. Saya optimistis generasi muda bisa menjadi pemimpin dibidangnya masing-masing," tambahnya. [KW]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.