Dark/Light Mode

Tarif Kargo Udara Naik Drastis

Kiriman Paket Berasa Selelet Keong

Jumat, 15 Februari 2019 11:36 WIB
Kargo Udara (Foto : Istimewa)
Kargo Udara (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah masalah kenaikan harga tiket pesawat, terjadi rentetan masalah baru. Salah satunya, kenaikan tarif kargo layanan udara. Sejumlah perusahaan jasa pengiriman mulai mengeluh. Bahkan ada menghentikan layanan yang menggunakan kargo udara.

Sementara masyarakat yang tengah mengandrungi belanja online juga mulai merasakan dampaknya. Kiriman cepat, khususnya untuk tujuan di luar Pulau Jawa bakalan terasa selelet keong. Selain itu, ongkos kirim barang diprediksi bakalan naik.

Dalam penelusuran Rakyat Merdeka, sejumlah toko online yang menggelar lapaknya di twitter dan instagram sudah memberitahukan dihentikannya layanan kiriman cepat menggunakan kargo udara. Sementara di toko online yang berbasis platform seperti Tokopedia dan Bukalapak, layanan kiriman cepat masih tersedia.

Baca juga : Eks Menteri, Artis & Mantan Cawalkot Bisa Gerus Suara Petahana

Di twitter, penerbit buku sejarah dan humaniora, Komunitas Bambu, yang sedang menggelar diskon besar-besaran mendadak menyampaikan permintaan maaf. Sebuah gambar diunggah. Isinya, layanan JNE Yakin Esok Sampai (YES) untuk pengiriman ke luar Pulau Jawa sudah tidak tersedia. “Untuk kiriman REG dan OKE tetap berjalan seperti biasa,” tulis adminnya.

Sementara di instagram, Kedai Nada, toko online yang menjual cookies dan maracon juga mengunggah postingan soal tidak tersedianya layanan kiriman cepat untuk tujuan luar Jawa. “Kakak-kakak yang di luar Pulau Jawa, mohon maaf sementara pengiriman via JNE YES tidak ada, jadi kita alihkan ke JNE Reguler ya,” terangnya. 

Di Tokopedia, sebuah toko online yang menjual sparepart komputer masih memiliki opsi pengiriman cepat sehari sampai. Pilihannya ada JNE YES dan Tiki One Night Service. 

Baca juga : Di Negara Hukum, Terasa Sulit Menegakkan Hukum

Saat ditanya melalui pesan lansung, si penjual menjawab opsi pengiriman sehari sampai masih tersedia, baik untuk wilayah Jawa maupun luar Jawa. “Pesan sebelum pukul 16.00, barang akan dikirim lansung hari itu juga,” kata penjualnya.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa perusahaan jasa pengiriman JNE menghentikan layanan pengiriman via kargo udara. Namun hal ini belakangan dibantah oleh pihak perusahaan. 

"Sebagai perusahaan jasa pengiriman ekspres, sampai saat ini JNE tidak pernah menghentikan kiriman melalui kargo udara. Oleh karena itu, isu yang beredar tentang penghentian pengiriman melalui jalur udara oleh JNE adalah tidak benar," kata VP of Marketing JNE, Eri Palgunadi.

Baca juga : Bunga Pinjaman Online Mencekik, Debt Collector-nya Meresahkan

Dia menjelaskan, keberhasilan JNE dalam menghantarkan kiriman seluruh pelanggan tidak lepas dari peran mitra, khususnya maskapai penerbangan. JNE juga mengapresiasi tanggapan baik pemerintah yaitu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terhadap aspirasi yang disampaikan oleh Asperindo, yakni dengan penyelenggaraan pertemuan antara pelaku jasa logistik.

"Tujuan pertemuan ini untuk memajukan industri logistik dengan menganalisa tiap permasalahan agar solusi terbaik dapat dijalankan, termasuk tentang Surat Muatan Udara," sebutnya. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.