Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dapil Provinsi Sulawesi Utara

Eks Menteri, Artis & Mantan Cawalkot Bisa Gerus Suara Petahana

Rabu, 30 Januari 2019 20:57 WIB
Benny Mamoto (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Dwight George Nayoan (tengah) caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan EE Mangindaan (kanan) caleg dari Partai Demokrat.
Benny Mamoto (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Dwight George Nayoan (tengah) caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan EE Mangindaan (kanan) caleg dari Partai Demokrat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Petahana harus banting tulang untuk kembali terpilih di Dapil Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, banyak caleg anyar siap menggerus suara mereka. Mulai dari eks menteri, artis sampai mantan calon walikota (cawalkot).

Secara geografis, Dapil Sulut membentang luas dari Kepulauan Talaud hingga Sulawesi daratan. Dapil ini terdiri dari 15 wilayah, antara lain Kota Manado, Kepulauan Talaud, Kepulauan Sangihe, Minahasa, Kota Tomohon hingga Kota Kotamobogu. Berdasarkan data KPU, dapil ini diikuti 83 caleg. Mereka akan memperebutkan 6 kursi DPR.

Baca juga : Demokrat Ubah Posisi, Ayah No 1, Anaknya No 2

Sama seperti Pileg 2014. Menilik dari daftar caleg, 6 petahana kembali mencalonkan diri. Dari PKB misalnya, kegagalan mendapat kursi DPR dari Dapil Sulut saat Pileg 2014, membuat partai besutan Muhaimin ini menerjunkan Dwight George Nayoan alias Sandy Nayoan.

Saat ini popularitas Dwight terbilang baik. Dia adalah artis sinetron dan aktor layar lebar. Namanya cukup dikenal, khususnya kaum hawa, karena pernah membintangi film Tersanjung 1, Tersanjung 2 dan Bidadari 3. Partai Nasdem menurunkan salah satu jagoan yang juga punya nama besar:, Irjen (Purn) Benny Mamoto. Benny pernah menjabat Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Baca juga : Berebut 7 Kursi, “Partai Gajah” Bisanya Main Petahana

Dia juga pernah menjadi calon Gubernur Sulut, tapi kalah. Partai Hanura pun tidak mau kalah dalam perburuan kursi. Partai besutan Oesman Sapta ini menurunkan Benny Ramadhani. Selama ini, kepiawaian Benny dalam berpolitik, khususnya di Sulut, tidak bisa dilihat satu mata. Buktinya, pada Pileg 2014, dia keluar sebagai pemenang untuk tingkat DPD periode 2014-2019 dari Sulut.

Membaca situasi seperti ini, PDIP menurunkan lagi dua petahana:Vanda Sarundajang dan Djendri Alting Keintjem. Keduanya diharap mengulang kemenangan seperti di Pileg 2014. Partai pimpinan Megawati ini juga menerjunkan Adriana C Dondokambey, kakak kandung Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Adriana saat ini menjabat Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulut. Adriana juga menjabat ketua tim kampanye Sulut untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.