Dark/Light Mode

Jelang Asian Games 2022 Hangzhou, NOC Komit Dukung Atlet Indonesia

Jumat, 10 September 2021 19:30 WIB
Jelang Asian Games 2022 Hangzhou, NOC Komit Dukung Atlet Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Antusisme tinggi diusung Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menyambut Asian Games 2022 Hangzhou. Setahun jelang penyelenggaraan, Organisasi Non-Pemerintah pimpinan Raja Sapta Oktohari siap mengantarkan atlet-atlet Merah Putih berpartisipasi di multi event olahraga empat tahunan paling bergengsi se-Asia pada 10-22 September 2022.

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono mengatakan pihaknya berkomitmen menjaga prestasi Merah Putih di kancah Asia. Saat menjadi penyelenggara Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Indonesia menempati posisi empat klasemen akhir dengan perolehan 31 medali emas, 24 perak, serta 43 perunggu.

Baca juga : Sekjen Kemendes Ajak Para Mitra Dukung SDGs Desa

“Indonesia siap berpartisipasi di Asian Games Hangzhou. Komitmen pemerintah terhadap pembinaan prestasi olahraga kini semakin baik. Bahkan sebelum DBON diresmikan menjadi payung hukum, Kemenpora sudah berkomitmen mengadakan pelatnas untuk Asian Games agar prestasi Merah Putih dapat terjaga dengan baik,” ujar Ferry pada Jumat (10/9).

Pada Juli, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berkomitmen melanjutkan pelatnas 2021 khusus untuk 20 cabang olahraga (cabor).

Baca juga : Puan Apresiasi Keberhasilan Ganda Putri Parabadminton Indonesia

Mayoritas cabor tersebut dipertandingkan di Asian Games Hangzhou, yakni angkat besi, bulu tangkis, tenis, wushu, atletik, balap sepeda, voli pantai, dayung (kano dan rowing), karate, menembak, panahan, catur, senam, judo, renang, sepak bola, dan taekwondo.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) bersama Panitia Penyelenggara Asian Games 2022 Hangzhou (HAGOC) menetapkan 40 cabor dari 61 disiplin dan 482 nomor event dipertandingkan di Asian Games edisi ke-19 kali ini.

Baca juga : KBRI Washington Promosikan Makanan Dan Bumbu Indonesia

Indonesia juga telah menerima undangan partisipasi resmi dari Panitia Penyelenggara Asian Games 2022 Hangzhou (HAGOC) pada akhir Agustus.

“Memang ada cabor pendulang emas Indonesia yang tak lagi dipertandingkan di Hangzhou, seperti pencak silat dan jet ski. Namun, tentu Indonesia tetap akan berjuang merebut medali di nomor-nomor lain yang memiliki peluang,” ujar Ferry.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.