Dark/Light Mode

Dukung Kaum LGBTQ, Nicki Minaj Batalkan Konser di Arab Saudi

Kamis, 11 Juli 2019 10:45 WIB
Rapper AS, Nicki Minaj (Foto: Nicki Minaj co)
Rapper AS, Nicki Minaj (Foto: Nicki Minaj co)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para penggemar rapper wanita Amerika Serikat, Nicki Minaj terpaksa menelan ludah karena pujaan hati mereka batal manggung di Jeddah World Fest 18 Juli mendatang. 

Rapper berpenampilan kontroversial ini batal konser bukan karena hujatan dan kecaman sejumlah pihak konservatif. Pemilik nama asli Onika Tanya Maraj itu memutuskan batal manggung, demi menegaskan dukungannya terhadap hak perempuan dan komunitas Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, dan siapa aja yang masih mempertanyakan identitas seksualnya (LGBTQ).

"Setelah memahami lagi masalahnya, saya percaya, penting sekali untuk menegaskan dukungan terhadap hak perempuan, komunitas LGBTQ, dan kebebasan berekspresi," ujar penyanyi "Starships" itu dalam keterangan pers seperti dilansir Reuters, Rabu (10/7).

Baca juga : Jelang Musim Haji, Pertamina Amankan Pasokan Avtur di Bandara Hasanuddin

Organisasi Hak Asasi Manusia yang berbasis di New York juga telah meminta Nicki Minaj untuk membatalkan penampilannya di Arab Saudi. Mereka menganggap Saudi sengaja menggunakan sosok Nicki Minaj untuk membentuk imej "Arab Saudi yang lebih terbuka."

"Ini keputusan bijaksana dan menginspirasi untuk menolak usaha terang-terangan rezim Saudi, yang memanfaatkannya untuk memoles nama baik di mata internasional," demikian bunyi pernyataan pihak tersebut.

Awal Juli kemarin, pihak Arab Saudi mengatakan Jeddah World Fest akan jadi acara musik terbesar di area tersebut. Event tersebut juga akan menampilkan mantan penyanyi One Direction Liam Payne, dan DJ Amerika Steve Aoki.

Baca juga : Tumbuhkan Ekonomi Digital, RI Tingkatkan Kerja Sama Bareng Arab SaudiĀ 

Sebagian masyarakat Saudi pun mengekspresikan kekecewaannya terhadap pembatalan Nicki Minaj.  "Kau bilang sudah paham tentang masalahnya, padahal itu tidak benar. Kerja bagus sudah mengecewakan penggemar," ujar Jamil Baabdullah yang tinggal di Jeddah dalam unggahan di Twitter.

"Aku adalah penggemar berat dan ingin sekali bertemu di Jeddah, tapi kau mengecewakanku. Terima kasih," ujar warganet Mohammed al7 juga melalui Twitter.

Namun, ada juga netizen yang lega Nicki Minaj batal manggung. "Pembatalan konser ini merupakan kabar baik. Alhamdulillah," ungkap seorang netizen, Ilham_Steve. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.