Dewan Pers

Dark/Light Mode

Percofia Dan Inkopontren Garap Film Biografi Bung Hatta

Kamis, 15 September 2022 12:08 WIB
Syukuran rencana produksi film Hatta The Movie di Jakarta. (Foto: Merry Apriyani)
Syukuran rencana produksi film Hatta The Movie di Jakarta. (Foto: Merry Apriyani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah produksi Percofia dan Inkopontren (Induk Koperasi Pondok Pesantren) akan menghadirkan film biografi Mohammad Hatta.

"Kami ingin lebih fokus untuk menggarap cerita dari sisi perjuangan Bung Hatta dengan ekonomi kerakyatannya,” jelas Pimpinan Inkopontren Mohammad Syukri dalam acara syukuran rencana syuting Hatta The Movie di Jakarta, Rabu (14/9).

Bagi Inkopontren, pemikiran Bung Hatta harus dihidupkan. Visi Bung Hatta tentang ekonomi kerakyatan harus bisa dikemas menarik dan mudah dipahami oleh penonton film. 

Berita Terkait : Berbangsa Dan Bernegara Merupakan Fitrah Manusia Yang Harus Dirawat

"Bahwa semua proses ini berlangsung saat Bung Hatta masih menjalani pendidikan di Belanda, sisi cerita itu yang akan diangkat dalam film ini," tambahnya lagi.

Hatta The Movie juga bercerita bagaimana perjuangan Bung Hatta meyakinkan para pendiri bangsa ini (founding fathers) tentang pilihan masa depan bangsa.

Pilihan yang di awal-awal kemerdekaan tidak mudah dibangun. Bebas dari penjajahan atau saat Indonesia merdeka, yang dipikirkan para pendiri bangsa adalah bagaimana mengangkat derajat ekonomi rakyat yang masih carut-marut.

Berita Terkait : Pengamat: Ganjar Dan Erick Bak Pasangan Soekarno-Hatta

Bung Hatta hadir dan merumuskan kehidupan masa depan bangsa. Begitu banyak perbedaan pemikiran antara para pendiri bangsa, bahkan dengan Bung Karno, menjadi sisi menarik yang juga dihadirkan di film ini.

“Banyak yang ingin membuat film tentang Bung Hatta, ayah kami. Kami harus selektif. Kami butuh diskusi dan penjelasan visi pembuat film tentang film yang bakal diproduksi. Ini perlu bagi kami, setidaknya, apa yang akan dinikmati penonton melalui film Bung Hatta ini,” ungkap Gemala Hatta.

Butuh keotentikan pemikiran Bung Hatta, lanjut dia, yang akan hadir dalam film. Bung Hatta harus hadir seperti layaknya Bung Hatta menjalani masa-masa sebelum kemerdekaan, saat kemerdekaan, hingga jauh setelah kemerdekaan.

Berita Terkait : Surya Darmadi Menyerah Usai Disurati Kejagung

“Tapi untuk urusan kreatif dan eksplorasi kisah Bung Hatta, kami serahkan kepada kemampuan pembuat film. Kami hanya ingin tahu seperti apa cerita ‘Bapak’ kami dibuat. Itu saja," tandasnya.

Dipersiapkan sejak 2022 hingga tuntas riset, produksi film Hatta the Movie direncanakan akan berlangsung di Maret 2023 dan rencananya film yang bakal disutradarai Tarmizi Abka ini bakal rilis di Agustus 2023.