Dark/Light Mode

Keren, 5 Film Terbaik Indonesia Diputar di Clermont-Ferrand Film Festival Prancis

Senin, 19 Februari 2024 19:37 WIB
Lima film terbaik pemenang Festival Film Bulanan Fesbul 2023 diputar di ajang Clermont-Ferrand Film Festival di Prancis. (Foto: Dok. Kemenparekraf)
Lima film terbaik pemenang Festival Film Bulanan Fesbul 2023 diputar di ajang Clermont-Ferrand Film Festival di Prancis. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima film terbaik pemenang Festival Film Bulanan (Fesbul) 2023 diputar di ajang Clermont-Ferrand Film Festival di Prancis. Lima film tersebut yaitu, 'Pepadu', 'Basri & Salma in A Never Ending Comedy', 'Sailum: Song of The Rustling Leaves', 'Romansa di Balik Pagar Akal', dan 'Facticity'.

Semua film ini disambut dengan antusias oleh penonton di Prancis.

Film 'Basri & Salma in A Never Ending Comedy' pun masuk ke dalam kompetisi resmi Clermont, menandai prestasi luar biasa bagi film ini dan juga bagi Fesbul.

Para pemenang Fesbul 2023 juga menghadiri film market yang digelar di Prancis pada 2-13 Februari.

Penyelenggaraan program yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini merupakan salah bentuk apresiasi dari Fesbul kepada para pemenang.

Baca juga : Koleksi 3 Angka, Timnas Indonesia Bayar Tunai Janji Kalahkan Vietnam Malam Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, keberhasilan Fesbul di Clermont-Ferrand Film Festival ini adalah bukti nyata perfilman Indonesia memiliki potensi yang besar.

Menurutnya, kolaborasi antara Fesbul dan festival-festival internasional seperti Clermont ini banyak manfaatnya.

"Tidak hanya memperluas jangkauan pasar bagi karya-karya film pendek Indonesia tapi juga membuka peluang investasi dan kerja sama bisnis berkelanjutan yang bisa memperkuat ekonomi kreatif Indonesia, serta meningkatkan kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," kata Sandi dalam keterangan resminya Senin (19/2/2024).

Sandi menilai, Fesbul kini siap untuk menghadapi tantangan festival-festival film terkemuka di luar negeri lain dengan kesuksesan yang diraih.

Sebagai salah satu upaya memperluas eksistensinya di panggung internasional, Fesbul berkomitmen terus mendukung pertumbuhan film Indonesia. Yakni, melalui kerja sama strategis dengan berbagai lembaga dan festival film internasional.

Baca juga : Keren, 47 Kali BerputarDi Udara Dalam 1 Menit

Fesbul juga bertekad menjembatani para sineas Indonesia dengan peluang-peluang baru yang bisa mengangkat karya-karya anak bangsa ke tingkat global.

Dengan semangat ini Fesbul akan terus berinovasi dan mengembangkan program demi kesuksesan perfilman Indonesia di kancah internasional.

Untuk informasi lebih lanjut tentang festival, film-film terpilih dan jadwal seleksi film, silakan kunjungi web resmi Fesbul di fesbul.com dan akun Instagram @fesbul.id.

Untuk diketahui, Clermont-Ferrand Film Festival 2024 mengumpulkan sekitar 116 ribu pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Para pengunjung berasal dari beragam latar belakang, termasuk sineas, distributor film, perwakilan festival-festival film dan penikmat film.

Baca juga : Rektor UII: Indonesia Alami Kemunduran Demokrasi

Selain menikmati beragam film pendek yang ditampilkan para pengunjung juga menjalin koneksi dan peluang kerja sama di perfilman internasional.

Selama lima hari berlangsungnya acara, tidak hanya pemutaran film Fesbul, booth Fesbul juga menarik perhatian pengunjung dengan warna dan desain yang mencolok.

Sebanyak 200-250 orang mengunjungi booth ini untuk berdiskusi tentang film dan program-program Fesbul. Partisipasi Fesbul di Clermont tidak hanya menjadi ajang memamerkan karya-karya film pendek terbaik tapi juga menjadi panggung bagi para sineas Indonesia untuk bertemu dengan distributor, mitra potensial co-produksi film dan perwakilan dari festival-festival film terkemuka di luar negeri.

Kerja sama antara Fesbul dan Clermont-Ferrand International Film Festival tidak hanya terwujud dalam bentuk partisipasi di film market festival, tetapi juga dalam status sebagai kolaborator resmi.

Kolaborasi ini memberikan peluang besar bagi para pembuat film. Karena film-film yang lolos kurasi Fesbul, mulai dari Lokus 1 hingga 10, secara otomatis akan dikurasi untuk dipertimbangkan dalam seleksi resmi Clermont-Ferrand International Film Festival.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.