Dark/Light Mode

Pengelolaan SDM Terbaik, AP II Borong 3 Gelar di Human Capital Performance Award 2023

Sabtu, 2 Desember 2023 20:00 WIB
Angkasa Pura II meraih 3 pada ajang Human Capital  Performance Award 2023. (Foto: Ilustrasi AP II)
Angkasa Pura II meraih 3 pada ajang Human Capital Performance Award 2023. (Foto: Ilustrasi AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) dinilai memiliki strategi pengelolaan sumber daya manusia terbaik dalam mendorong 20 bandara yang dikelolanya untuk secara berkelanjutan melahirkan beragam inovasi pada aspek operasional dan pelayanan kepada masyarakat.

AP II meraih 3 penghargaan yakni The Best Human Capital Team of The Year, lalu The Best Human Capital Director of The Year dan The Best Digital Transformation Strategy pada ajang Human Capital & Performance Award 2023.

Direktur Human Capital AP II Ajar Setiadi mengatakan, penting bagi AP II dalam menciptakan iklim kerja yang baik dalam mengelola 20 bandara yang tersebar di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Ajar Setiadi menjelaskan, AP II sebagai pengelola bandara yang merupakan gerbang utama suatu kawasan, dituntut untuk selalu memberikan pelayanan terbaik melalui beragam inovasi, serta menjaga konektivitas udara di Indonesia.

Baca juga : Alfamidi Raih Penghargaan Perusahaan Terbaik Naker Award 2023

"Kami bersyukur, AP II dapat selalu menciptakan iklim kerja yang baik, dan kami berterima kasih atas apresiasi yang diberikan yakni The Best Human Capital Team of The Year 2023,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Dalam penganugerahan tersebut, Ajar Setiadi juga dianugerahi The Best Human Capital Director of The Year 2023 atas perannya dalam mendorong keunggulan SDM dan memimpin transformasi budaya perusahaan.

Transformasi budaya AP II didasarkan pada AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), sebagai nilai perusahaan.

“Penerapan AKHLAK mampu mendorong SDM di AP II untuk lebih berani keluar dari zona nyaman," jelas Ajar Setiadi.

Baca juga : 38 Perusahaan Raih Human Capital and Performance Award 2023

Menurutnya, AKHLAK juga menjadi momentum transformasi budaya SDM AP II untuk mengubah pola pikir lama, terus kuat menghadapi situasi apapun, mampu beradaptasi dengan cepat dan tidak mudah menyerah.

Kemudian, penghargaan ketiga yang diraih AP II adalah The Best Digital Transformation Strategy. Ajar Setiadi mengatakan transformasi digital di AP II dapat berjalan dengan baik karena berjalannya transformasi budaya dan pengembangan kualitas SDM.

SDM adalah faktor paling penting dalam kesuksesan transformasi digital di AP II. Tanpa SDM yang tidak kompeten atau tidak memahami digitalisasi dan teknologi. Transformasi digital tidak mungkin berjalan.

"Sejalan dengan itu, AP II terus membentuk SDM yang digital savvy, tech savvy, serta SDM yang kreatif dan inovatif,” ujar Ajar Setiadi.

Baca juga : Penjelasan TKN Terkait Kehadiran Gibran di Acara Silaturahmi Nasional Desa

Lebih lanjut Ajar Setiadi mengatakan, transformasi digital di AP II telah berjalan sejak 2016, dan kini telah melahirkan beragam inovasi digital seperti Airport Operation Control Center (AOCC) sebagai pusat monitoring operasional dan pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Terbaru, AP II juga memperkenalkan layanan TravelinPass yang memungkinkan peumpang pesawat dapat memproses keberangkatan hanya dengan menunjukkan wajah melalui biometric face recognition. Layanan ini didukung aplikasi Travelin milik AP II," pungkas Ajar Setiadi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.