Dark/Light Mode

Langsung Ketemu Fans Di Seoul

Kelar Wamil, Jin BTS Nangis Selama Upacara Pelepasan

Rabu, 12 Juni 2024 18:45 WIB
Anggota boy band BTS, Kim Seok-jin, meninggalkan tempat setelah selesai menjalani wajib militer di Yeoncheon, Korea Selatan, Rabu (12/6/2024). (Foto: Reuters)
Anggota boy band BTS, Kim Seok-jin, meninggalkan tempat setelah selesai menjalani wajib militer di Yeoncheon, Korea Selatan, Rabu (12/6/2024). (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kim Seok-jin, atau yang lebih dikenal sebagai Jin, anggota tertua dari K-POP BTS, resmi selesai menjalani wajib militer (wamil) pada hari ini, Rabu (12/6/2024).  Jin ikut wamil selama 18 bulan.

Ia menjadi anggota pertama dari grup BTS yang menyelesaikan kewajiban nasional yang sempat menghentikan karier musik mereka sementara.

Mengutip Reuters, Jin yang kini berusia 31 tahun, tampak emosional saat mengenakan seragam dan baret hitam. Ia memeluk rekan-rekannya di sebuah pangkalan militer di Yeoncheon, Provinsi Gyeonggi, seperti yang ditunjukkan dalam tayangan televisi.

Baca juga : Kelar Wamil, Jin BTS Janji Kasih 1.000 Pelukan Untuk ARMY

"Aku menangis selama upacara," kata Jin, dalam siaran langsung yang ditonton lebih dari 3 juta kali di platform fandom Weverse.

"Tapi, 18 bulan terakhir ini sangat menyenangkan. Aku bertemu banyak orang luar biasa," tambahnya, sambil menyampaikan salam kepada rekan-rekannya di pangkalan militer.

Media Korea Selatan melaporkan bahwa beberapa anggota BTS lainnya yang saat ini juga sedang bertugas di militer, mengajukan cuti untuk merayakan momen ini. Di antara mereka, rapper RM menyambut Jin dengan sebuah saksofon untuk memainkan lagu hits mereka, "Dynamite."

Baca juga : Bangun Ekonomi Desa Di Sekitar Operasi, Harita Nickel Raih 5 Penghargaan

Jin menjadi anggota pertama BTS yang mendaftar wajib militer pada Desember 2022. Empat anggota terakhir grup ini mulai bertugas pada Desember 2023, dan BTS diharapkan akan berkumpul kembali pada 2025 setelah semua anggota menyelesaikan tugas mereka.

Jin berencana merayakan kepulangannya dengan sebuah acara di Seoul pada Kamis, di mana ia akan menyapa penggemar dan tampil di atas panggung.

BTS memulai debutnya pada 13 Juni 2013 dan sejak itu menjadi ikon K-pop, salah satu ekspor budaya terbesar Korea Selatan.

Baca juga : Para Menteri Cemas

Korsel mewajibkan semua pria sehat berusia antara 18 hingga 28 tahun untuk menjalani wamil atau layanan sosial selama 18 hingga 21 bulan.  Namun pada 2020, hukum diubah untuk memungkinkan bintang K-Pop yang diakui secara global menunda pendaftaran hingga usia 30 tahun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.