Dark/Light Mode

Untuk Bakal Calon Presiden Pengusaha Dan Akademisi Sumbang Saran

Setiawan Djody: Biaya Transisi Energi Perlu Diperhatikan

Rabu, 31 Mei 2023 07:10 WIB
Setiawan Djody, Pengusaha Dan Budayawan. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Setiawan Djody, Pengusaha Dan Budayawan. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Misalnya?

Salah satunya, merujuk pada 2021-2022, saat ada bonanza (keuntungan besar/kemakmuran) dari komoditas batubara dan sawit. Tapi, gejala penurunan harga komoditas SDA sudah mulai terasa. Karena itu, sudut pandang bahwa Indonesia kaya SDA, harus diubah.

Apa yang seharusnya dilakukan?

Presiden terpilih, tidak menikmati booming ekspor, sehingga harus cari strategi lepas dari ketergantungan komoditas itu.

Baca juga : Wayan Sudirta: Secara Prinsip, Karakteristik Pulau Dewata Sudah Direkognisi

Karena itu, saya mengingatkan, biaya transisi energi perlu jadi bagian program kerja utama yang diajukan Capres. Ini berkaitan dengan kesuk­sesan program ekonomi dan ling­kungan pada masa yang akan datang.

Selain itu, apa lagi?

Jangan lupa aspek pembangunan sumber daya manusia dan peradaban, sesuai human culture kita. Teruskan tahapan-tahapan dan nilai tambah yang sudah dibangun pemerintahan Jokowi.

Bagaimana penilaian Anda ten­tang para bakal Capres yang mun­cul di berbagai survei?

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Komitmen Upayakan Kesejahteraan Pekerja

Saya cukup mengenal baik Prabo­wo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, komitmen finalnya belum bisa dilihat per hari ini. Baru terlihat enam bulan kemudian.

Siapa yang Anda dukung?

Saya tidak mewakili kepentingan partai, ormas atau relawan apapun. Sudah ada nama yang saya kantongi, tapi nanti saja.

Sebagai penutup, apa saran Anda?

Baca juga : Frisian Flag Indonesia Dorong Pentingnya Gizi Seimbang dan Aktif Bergerak

Jangan lupakan prinsip persain­gan sehat. Setelah Pilpres selesai, para Capres berkoalisi saja. Supaya, rakyat tidak lelah berpolitik jelang Pilpres 2024. Saling dukung, tulus, dan menerima apapun hasil Pemilu. Kemudian, melanjutkan apa saja kebaikan dari pemerintahan sebelumnya. [GO]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.