Dark/Light Mode

AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Serius Atau Gimmick

Muhammad Iqbal: Koalisi Perubahan Tak Terpengaruh

Kamis, 8 Juni 2023 07:30 WIB
Muhammad Iqbal, Jubir DPP PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Muhammad Iqbal, Jubir DPP PKS. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden (Capres), tim kecil dari internal PDIP mulai menyeleksi tokoh-tokoh yang akan menjadi Cawapres.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani membeberkan beberapa nama yang masuk sebagai bakal cawapresnya Ganjar. Kata Puan, nama-nama tersebut sudah muncul di media, seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Yang membuat kaget adalah munculnya nama Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam deretan bakal cawapresnya Ganjar. “Kemudian, ada Pak AHY,” lanjut Puan.

Baca juga : Effendy Choirie: Bagus, Ada Sinyal Ajak Rekonsiliasi

Menurut Puan, nama-nama tersebut punya kelebihan masing-masing dan akan dipertimbangkan oleh PDIP. Misalnya, apakah nama-nama tersebut bisa bekerja sama dengan Ganjar, sesuai visi-misi, cita-cita, dan sebagainya. “Jadi, nama akan ditentukan nanti, belum hari ini. Masih menimbang nama-nama yang ada,” tuturnya.

Munculnya nama AHY, sontak membuat ruang politik menjadi ramai. Bagaimana tidak, AHY dikenal sebagai sosok yang kesannya dijauhi PDIP.

Apakah penyebutan nama AHY sebagai upaya untuk menggoda Demokrat agar menjauhi Koalisi Perubahan, atau ada kepentingan lain? Lalu, bagaimana tanggapan PKS dan NasDem atas pernyataan Puan itu?

Baca juga : Siapa Cawapres Ganjar? Puan: Masih Dibahas Internal

Ketua DPP Partai NasDem, Effendy Choirie bilang, bagus. Berarti, Megawati dan Puan sudah terbuka untuk Demokrat, AHY dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Artinya, ada sinyal mengajak rekonsiliasi. Bagus jika ada pemimpin atau mantan Presiden mengajak rekonsiliasi melalui 2024," kata Effendy.

Sedangkan Juru Bicara PKS Muhammad Iqbal menganggap, pernyataan Puan tersebut, gimmick saja.

Baca juga : Ganjar Pranowo: Sulut Akan Tumbuh Jadi Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Besar

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan M Iqbal soal ini.

Menurut Puan Maharani, AHY merupakan salah satu bakal cawapresnya Ganjar. Tanggapan Anda?

Saya kira itu bagian dari gimmick Mbak Puan saja, dalam rangka memecah konsentrasi partai politik yang ada dalam Koalisi Perubahan dan Perbaikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.