Dark/Light Mode

Banyak Kejanggalan, DPS Akan Dilaporin Ke Bawaslu

Dendi Susianto: Gampang Ngecek Kejanggalan Data

Minggu, 18 Juni 2023 07:00 WIB
Dendi Susianto, Juru Bicara Perkumpulan Warga Negara Untuk Pemilu Jurdil. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Dendi Susianto, Juru Bicara Perkumpulan Warga Negara Untuk Pemilu Jurdil. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Lalu?

Kemudian, data itu kita baca. Kalau orang yang biasa menggunakan Excel, gampang membacanya. Tinggal diurutkan saja. Misalnya nama dari A sampai Z, dari 205 juta nama di DPS. Kita sortir namanya, nanti ditemukan ada nama yang satu huruf, dua huruf, tiga huruf saja.

Baca juga : Menteri Erick Kawal Penanganan Korban

Nama dengan satu huruf itu maksudnya seperti apa?

Di Indonesia, orang yang mempu­nyai nama satu huruf saja, itu tidak wajar. Misalnya, di kolom nama itu, hanya tulisannya A atau B atau X saja, seperti itu. Kemudian kalau yang dua huruf misalnya AB, AX atau CX. Dari situ, ada sekian ribu nama yang hanya dua huruf.

Baca juga : Penyelenggara Dan Panwaslu Diusulkan Dapat Asuransi

Apakah kejanggalan itu dari nama saja?

Tidak. Kemudian kita sortir lagi dari segi usia. Ada yang umurnya di bawah 10 tahun, tapi juga ada yang minus 100, minus 150 tahun. Misalnya Si Wawan di dalam kolom umurnya itu minus 150 tahun. Itu jumlahnya sangat banyak. Kita sortir lagi dari kolom RT. Ada yang RT-nya 0 dan RW-nya 0.

Baca juga : Rencanakan Pembangunan 2023, Ganjar Akan Keliling Jateng Tampung Usulan Masyarakat

Anda sudah melapor ke KPU. Apa responsnya?

Kami ini posisinya bukan orang atau kelompok yang mau melawan KPU. Kami ini adalah kumpulan warga negara yang peduli terhadap proses Pemilu agar jurdil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.