Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerja 24 Jam

Penyelenggara Dan Panwaslu Diusulkan Dapat Asuransi

Kamis, 16 Februari 2023 07:25 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Dok. Bawaslu)
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Dok. Bawaslu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berharap, Pemerintah dan DPR menyetu­jui usulan penyediaan asuransi bagi penyelenggara dan petu­gas pengawas Pemilu 2024.

“Kami berbincang dengan Komisi II DPR, bagaimana asuransi untuk teman-teman pengawas, penyelenggara Pemilu yang masih proses danpembi­caraan. Semoga Pemerintah dan DPR menyepakatinya,” ujar Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat acara Siaga Pengawasan Satu Tahun Menuju Pemilu 2024 di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Baca juga : Tanggapi Tuntutan, Surya Darmadi Nyatakan Taat Aturan

Dikatakan, asuransi untuk petugas pengawas pemilu sangat penting. Sebab, tugas pengawasan sangat berat di lapangan. Pengawasan petugas di Pemilu 2024 bisa dibilang 24 jam nonstop dan tak ada hari libur.

“Karena ketika masuk taha­pan tidak ada kenal waktu lagi karena Undang-Undang Pemilu menyatakan bahwa penyelenggara pemilu kerja penuh waktu. Bahkan bisa dibilang tidak ada hari libur,” jelasnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Penyelenggaraan Musyawarah Adat Nasional

Diketahui, pengawas Pemilu tersebut terdiri atas anggota dan sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), anggota dan sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), Panitia Pemutakhiran Data Pemilih/Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantarlih), Panitia Pemutakhiran Data Pemilih Luar Negeri (PPDP/Pantarlih LN), dan Petugas Ketertiban Tempat Pemungutan Suara dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan.

Bagja juga meminta jajaran pengawas di berbagai tingkatan mempersiapkan Pemilu 2024 dengan baik. Salah satunya, persiapan teknis dan pemetaan permasalahan kerawanan pemilu.

Baca juga : Apotek K-24 Melengkapi Penyediaan dan Pelayanan Farmasi Yang Dibutuhkan Masyarakat

“Kami berharap, jajaran pengawas pemilu hingga Panwaslu kelurahan dan desa mengurus teknis yang dipersiapkan denganbaik. Petakan kerawanan yang diprediksi akan terjadi di desa dan kelurahan masing-masing,” imbaunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.