Dark/Light Mode

Apakah Dukungan Dua Elite PDIP Dongkrak Elektabilitas Prabowo?

Sirojudin Abbas: Mereka Membantu Pasangkan Make Up

Selasa, 25 Juli 2023 07:30 WIB
Sirojudin Abbas, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research And Consulting. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Sirojudin Abbas, Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research And Consulting. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua politisi PDIP, yakni Budiman Sudjatmiko dan Effendi Simbolon menyiratkan dukungan untuk bakal Calon Presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Budiman datang ke rumah Prabowo pada Selasa malam (18/7/2023). Ia pun menyatakan, Prabowo bisa menjadi representasi kaum nasionalis dalam pesta demokrasi tahun 2024.

Budiman bercerita, dirinya berdiskusi selama dua jam dengan Prabowo. Tujuannya, agar kaum nasionalis bisa bersatu.

Baca juga : Ahmad Muzani: Dukungan Dari Mana Pun, Kami Harapkan

"Indonesia rugi kalau kaum nasionalis tidak saling mendukung. Saya mewakafkan diri untuk mencairkan, agar kaum nasionalis bisa meneruskan apa yang dilakukan Pak Jokowi, dengan segala konsekuensinya," kata Budiman.

Politisi PDIP lainnya, Effendi Simbolon juga menyiratkan dukungan kepada Prabowo, dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) pada Jumat (7/7).

Dalam acara itu, Effendi menilai, Prabowo adalah sosok yang pantas memimpin bangsa ini, menggantikan Presiden Jokowi.

Baca juga : Ijtihad Politik Dukung Ganjar, Elektabilitas Perindo Terus Meroket

“Sebaiknya, yang bertarung sekarang adalah Prabowo- Prabowo yang setara. Jadi, kelasnya itu sama. Kalau ada tiga, ada empat, ya sekelas Prabowo. Sehingga, kita mampu berkompetisi di dunia, mampu merajut keharmonian dari Aceh hingga Papua,” kata Effendi.

Lantas, apakah dukungan seperti itu, berpengaruh signifikan terhadap peningkatan elektabilitas Prabowo? Bagaimana pula Gerindra memandang dukungan itu?

Untuk membahas hal itu lebih lanjut, berikut wawancara dengan Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas.

Baca juga : Partai Gerindra Siapin Serangan Darat Dan Udara

Bagaimana Anda melihat dukunganyang tersirat dari politisi PDIP Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko terhadap Prabowo Subianto?

Saya melihat, apa yang dilakukan oleh Bang Effendi Simbolon dan Mas Budiman Sudjatmiko, merupakan manuver individual yang berbeda pandangan dengan arus utama para kader PDIP.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.