Dark/Light Mode

Belum Telat Genjot Elektabilitas Prabowo

Partai Gerindra Siapin Serangan Darat Dan Udara

Selasa, 27 Juni 2023 19:01 WIB
Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting PRC Rio Prayogo. (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting PRC Rio Prayogo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gerindra disebut segara melakukan serangan darat dan udara secara gencar, demi memenangkan partai dan Ketua Umumnya, Prabowo Subianto pada Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting, Rio Prayogo menilai, Partai Gerindra memang belum all out mengkampanyekan Prabowo sebagai capres 2024. Meski demikian, Gerindra masih belum terlambat.

"Pak Prabowo memang belum all out. Masih terkesan fokus menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pertahanan. Meski belum gas pol, sudah cukup kompetitif dibanding capres lain yang lebih agresif berkampanye," kata Rio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, upaya apapun untuk menggenjot elektabilitas, masih berguna saat ini. Sebab, kondisi dan situasi politik saat ini masih amat dinamis.

Berdasarkan analisa lembaganya, fluktuasi elektoral masih terjadi di tiga figur capres yang beredar. Sejak Pilpres 2019 hingga 2023 ini, tak ada satu pun figur yang benar-benar unggul mutlak dari figur lainnya. Termasuk, Prabowo Subianto.

Baca juga : Besok Ulang Tahun Jakarta! Cek Apa Saja Yang Gratis Dan Lagi Promo...

Dari hasil survei, Menteri Pertahanan itu pernah menempati posisi teratas pada tahun 2020. Selanjutnya, digeser Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selama dua tahun lebih.

"Bahkan Prabowo pernah dikalahkan Anies Baswedan di akhir Tahun 2022. Dia di posisi ketiga, kalah dengan Anies," terangnya.

Belakangan, Prabowo kembali unggul. Kadang di posisi teratas, kadang di urutan kedua. Selisihnya amat tipis.

Bukan mustahil dalam waktu dekat, akan ada perubahan sikap politik akibat tarikan koalisi partai yang berpengaruh pada elektabilitas figur masing-masing.

"Saya melihat, minimal sampai pendaftaran, potret elektabilitas capres masih akan sangat dinamis. Bergantung pada endorsement tokoh penting seperti Pak Jokowi maupun kondisi politik ke depan," pungkasnya.

Baca juga : Elektabilitas Gerindra Bayangi PDIP, Nasdem Turun

Seperti diketahui, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan, partainya segera melancarkan serangan udara dan darat untuk menggenjot elektabilitas Prabowo maupun partai.

Serangan udara meliputi pergerakan dan narasi di media sosial. Kader Partai Gerindra diinstruksikan menyebarkan konten-konten positif tentang Prabowo dan partai di medsos.

"Gunakan HP sebagai alat perjuangan. Setiap hari sebarkan di WA group, Facebook dan macam-macam, harus ada konten-konten baik tentang Pak Prabowo," kata Riza Patria di Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Minggu (25/6).

Selain itu, kader Gerindra juga diminta mengklarifikasi pemberitaan negatif terhadap partai dan Prabowo.

Dalam menyampaikan narasi, kontennya harus adem. Prabowo telah menginstruksikan kadernya membalas pihak yang menjelek-jelekkannya dengan kebaikan.

Baca juga : Relawan Poros Prabowo Presiden Deklarasi Siap Menangkan Prabowo Subianto

"Luruskan dan klarifikasi informasi berita yang tidak baik dengan santun dan positif," pesannya.

Untuk serangan darat, tambah Riza Patria, dia mengimbau seluruh DPC di setiap daerah menyiapkan lima orang pengurus partai di tingkat RT sebagai jurkam Prabowo.

Secara khusus, dia juga meminta tiap kader Gerindra meyakinkan setidaknya 30 orang di TPS-nya masing-masing.

"Pak Prabowo menyampaikan, setiap orang minimal dapat meyakinkan 30 orang di TPS-nya. Mari kita menangkan Gerindra dan Pak Prabowo menjadi Presiden di 2024," ajaknya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.