Dark/Light Mode

Survei Polstat: Elektabilitas Prabowo Subianto Masih Kokoh Di Puncak

Sabtu, 20 Mei 2023 16:15 WIB
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Ist)
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Political Statistics (Polstat) Indonesia merilis data terbaru mereka tentang elektabilitas sejumlah capres yang diprediksi akan bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

Peneliti Senior Polstat, Apna Permana menyampaikan, dari tiga simulasi Pilpres yang dilakukan lembaga survei mereka terhadap para responden, semuanya dimenangkan oleh Prabowo Subianto.

"Dalam berbagai format pertanyaan kepada responden, mulai dari pertanyaan terbuka (top of mind), pertanyaan tertutup simulasi 10 nama, pertanyaan tertutup simulasi tiga nama, maupun pertanyaan secara head to head, Prabowo selalu leading signifikan atas para pesaingnya," ujar Apna dalam rilis surveinya, Sabtu (20/5).

Dalam pertanyaan tertutup dari 10 nama tokoh yang ditawarkan, sebanyak 33,5 persen memilih Prabowo Subianto. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan Ganjar Pranowo yang hanya dipilih oleh 19,6 persen dan Anies Baswedan dengan 19,4 persen.

Di posisi berikutnya ada Ridwan Kamil dengan elektabilitas 5,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (3,6 persen), Erick Thohir (3,2 persen), dan Sandiaga Uno (2,8 persen).

Disusul, Puan Maharani (2,4 persen), Airlangga Hartarto (2,2 persen) dan Muhaimin Iskandar (1,9 persen), serta undecided (6,2 persen).

Baca juga : Peduli Budaya Nusantara, Prabowo Diendorse Tokoh Sunda

Begitu pula ketika simulasi Pilpres hanya diikuti tiga nama saja, Prabowo Subianto tetap berada di peringkat pertama dengan raihan suara 39,2 persen.

Kemudian, 27,1 persen memilih Ganjar dan 26,9 persen memilih Anies. Sementara 6,8 persen responden menyatakan belum punya pilihan (undecided).

Pun ketika simulasi Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Ganjar, sebanyak 52,3 persen menjatuhkan pilihannya pada Prabowo. Lalu 35,8 persen memilih Ganjar dan sisanya (11,9 persen) mengaku belum punya pilihan.

"Prabowo Subianto juga leading jauh atas Anies Baswedan dalam simulasi secara head to head. Ketika Polstat Indonesia mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Anies, sebanyak 54,6 persen mengaku akan memilih Prabowo dan hanya 34,5 persen yang memilih Anies," terangnya.

Selain itu, dalam survei tersebut kemudian juga mendapatkan data dimana 43,5 persen pemilih Jokowi pada Pilpres 2019 mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini.

Sedangkan Ganjar yang notabene sesama kader PDI Perjuangan dengan Jokowi hanya dipilih oleh 34,2 persen pemilih Jokowi.

Baca juga : Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Ganjar Turun, Prabowo Naik

"Ini mengindikasikan bahwa pendukung, relawan dan simpatisan Jokowi lebih banyak menjatuhkan pilihan pada Prabowo untuk menjadi Presiden RI 2024-2029," tuturnya.

Penyebab fenomena tersebut diduga karena dalam tiga bulan terakhir terjadi migrasi dukungan yang cukup signifikan dari relawan Jokowi di akar rumput.

"Mereka yang semula akan mendukung Ganjar Pranowo ternyata pada akhirnya menjatuhkan pilihan pada Prabowo," imbuhnya.

Selain itu, efek dari pertemuan Prabowo dengan sejumlah tokoh nasional diduga juga menjadi faktor pendukung naiknya elektabilitas Menteri Pertahanan RI tersebut.

"Publik kemudian juga dinilai mulai menyadari bahwa untuk melanjutkan kerja besar Jokowi Indonesia harus dipimpin oleh seorang negarawan yang kuat, visioner dan teruji leadership-nya, bukan seorang tokoh populer yang semata-mata dibesarkan oleh media sosial," terangnya.

Faktor lainnya kemudian adalah Prabowo nampaknya dinilai publik sebagai sosok negarawan yang mengutamakan persatuan bangsa dan kepentingan nasional, serta cenderung menghindari konflik dengan para kompetitornya.

Baca juga : Survei Indikator: Ganjar Ungguli Prabowo Di 3 Pasangan Capres-Cawapres

Survei Polstat Indonesia kali ini dilakukan pada tanggal 1-10 Mei 2023 di seluruh wilayah Republik Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi.

Populasi survei ini adalah seluruh penduduk Indonesia yang minimal sudah berusia 17 tahun dan memiliki E-KTP. Jumlah sampel sebesar 1220 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling).

Batas kesalahan (margin of error)+/- 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan responden berpedoman kuesioner.

Survei Polstat kali ini dilengkapi dengan analisis media monitoring untuk mengukur perkembangan sentimen publik terhadap para capres setahun jelang Pemilu 2024.

Berikut Tingkat Elektabilitas Capres Simulasi 10 Nama:
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.