Dark/Light Mode

Survei IPI: Elektabilitas Prabowo Meroket Efek Jokowi, Ganjar Dan Anies Turun

Minggu, 30 April 2023 18:48 WIB
Survei IPI: Elektabilitas Prabowo Meroket Efek Jokowi, Ganjar Dan Anies Turun
Survei IPI: Elektabilitas Prabowo Meroket Efek Jokowi, Ganjar Dan Anies Turun

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Prabowo Subianto terus meroket dalam 2 bulan terakhir. Sementara 2 lainnya di 3 besar, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan mengalami penurunan.

Persaingan bakal calon presiden (bacapres) di 3 besar itu dirilis oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) via Zoom,  Minggu (30/4).

Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi mengatakan naiknya elektabilitas Prabowo lantaran naiknya approval rating Presiden Jokowi. Temuan IPI, approval rating Jokowi melonjak hingga 78,5 persen.

Prabowo menurut dia adalah pihak yang sangat diuntungkan dengan kenaikan tingkat kepuasan kinerja Jokowi yang naik dari bulan Maret 73,1 persen menjadi 78,5 persen pada bulan April 2023.

Baca juga : Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Meroket Setelah Dicapreskan PDI Perjuangan

“Ini kabar baik buat Pak Prabowo. Dia naik terus,” jelas Burhanuddin.

Nama Prabowo, yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra semakin meroket dalam kurun waktu dua bulan terakhir dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

Kendati demikian, Ganjar tetap masih memimpin di urutan pertama dengan elektabilitas 34 persen, disusul Prabowo 31,7 persen dan Anies 25,2 persen.

Sayangnya, terang Burhan dari ketiga nama tersebut jika dilakukan pemilihan pilpres saat ini belum ada yang bisa menang dalam satu putaran.

Baca juga : Nasib Prabowo Setelah Ganjar Capres PDIP

“Kita harus menunggu lebih sabar karena masih ada 10 bulan ke depan. Polanya semua konsisten ya. Ganjar turun. Anies turun. Prabowo naik," terangnya.

Hasil survei merilis grafik Indikator Politik dalam 6 bulan terakhir, Prabowo 26,3 persen pada bulan Oktober 2022. 

Kemudian turun menjadi 23,9 persen pada bulan November 2022. Lalu, turun pada Februari 2023 menjadi 24,1 persen naik lagi mencapai 27 persen pada Maret 2023. Dan, kembali naik pada April 2023 mencapai 31,7 persen.

Adapun Bawono Kumoro sebagai salah satu Peneliti IPI memaparkan bahwa Prabowo semakin meroket elektabilitasnya lantaran kinerja positifnya sebagai Menteri Pertahanan, komunikasi yang terjalin  antara Prabowo dengan Jokowi cukup baik. 

Baca juga : Prabowo Terbang Ke Solo Ketemu Jokowi, Bahas Cawapres?

“Dalam dua bulan terakhir, pola dukungan publik terhadap Prabowo cenderung mengikuti pola kepuasan atas kinerja Presiden.” Jelas Bawono. 

“Keberhasilan Prabowo Subianto menuai dukungan dari sebagian pemilih Presiden Jokowi tidak terlepas dari sokongan-sokongan Presiden dalam berbagai kesempatan. Sehingga, di mata pemilih Presiden Jokowi dalam dua pemilu terdahulu Prabowo diasosiasikan sebagai bakal calon Presiden yang paling direstui Presiden,” kata Bawono.

Adapun temuan survei nasional ini dilakukan selama periode 11-17 April 2023 dengan total sejumlah 1.220 Responden.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.