Dark/Light Mode

Tim Teknis Siapkan Jalan Koalisi PDIP Dengan Golkar

Melchias Markus Mekeng : Semakin Cepat Semakin Bagus

Senin, 31 Juli 2023 06:30 WIB
Melchias Markus Mekeng, Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Melchias Markus Mekeng, Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendekati Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani semakin gencar melakukan safari politik. Antara lain, menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Pertemuan dilakukan di kediaman Airlangga, Jalan Tirtayasa Raya, Jakarta Selatan, Kamis (27/7). Puan tiba sekitar pukul 15.07 WIB. Dia didampingi Ketua DPP PDIP Said Abdullah dan Ketua DPP Bambang Wuriyanto alias Bambang Pacul.

Sedangkan Airlangga didampingi elite Golkar. Antara lain, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus dan Wakil Ketua Umum Melchias Markus Mekeng.

Dalam pertemuan itu, Airlangga dan Puan menyepakati pembentukan tim teknis kecil yang membahas kemungkinan Golkar dan PDIP berkoalisi.

Baca juga : Dedi Kurnia Syah: Golkar Bisa Diterima Semua Pemenang

Intinya, tim teknis ini bertugas menyiapkan jalan agar PDIP dan Golkar bisa resmi berkoalisi untuk menghadapi Pilpres 2024.

"Banyak hal yang perlu dibahas, dan tadi disepakati bahwa hal yang sifatnya teknis itu perlu dibangun. Dari Partai Golkar sudah membentuk tim teknis," kata Airlangga.

Perwakilan Golkar dalam tim teknis tersebut, menurut Airlangga, dipimpin Melchias Markus Mekeng.

Menurut Puan, tim teknis itu akan resmi dibentuk dalam waktu yang tidak terlalu lama. Setelah itu, tim teknis segera bertemu kembali untuk membahas apa yang bisa disepakati PDIP dan Golkar.

Baca juga : Ditanya Koalisi Dengan Ganjar, Airlangga: Sinyalnya Tinggi

Menurut Melchias Markus Mekeng, banyak pertemuan sudah dilakukan pimpinan Golkar dengan pimpinan partai lain untuk berkoalisi.

"Tapi, semua berproses dari waktu ke waktu, dan ini waktunya sudah tidak lama lagi," kata Mekeng.

Lantas, akankah Airlangga resmi menandatangani koalisi dengan PDIP dalam menghadapi Pilpres 2024?

Untuk menganalisa topik ini lebih lanjut, berikut wawancara dengan  Melchias Markus Mekeng di kediaman Airlangga, usai pertemuan dengan Puan.

Baca juga : Ungkit Menangkan 7 Kali, PDIP Dinilai Ingatkan Jokowi Untuk Dukung Ganjar

Apa yang menjadi topik perbin­cangan dalam pertemuan Puan Maharani dengan Airlangga Hartarto?

Proses politik tinggal beberapa bulan. Ini kan pertemuan lanjutan. Kami pernah melakukan pertemuan di Monas. Kami lakukan pertemuan intens.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.