Dark/Light Mode

Mahfud MD Dan Ridwan Kamil Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Andreas Hugo Pareira: Nama-nama Itu Sedang Dipantau

Selasa, 12 September 2023 06:40 WIB
Andreas Hugo Pareira, Ketua DPP PDIP. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Andreas Hugo Pareira, Ketua DPP PDIP. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, alias Kang Emil dan Menko Polhukam Mahfud MD, semakin kencang masuk kandidat yang akan dipilih PDIP jadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Kendati demikian, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum mau terburu-buru memutuskan. Mega masih menimbang-nimbang Emil dan Mahfud untuk disandingkan dengan Ganjar.

Masuknya Emil dan Mahfud dalam daftar Cawapres untuk Ganjar, disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di Jakarta. Hasto menceritakan, awal pekan lalu para Ketum parpol pengusung Ganjar berkumpul di Markas Banteng, Jakarta.

Baca juga : Romahurmuziy: Hanya PPP Yang Ajukan Cawapres

Dalam pertemuan itulah, lanjut Hasto, sempat dibahas antara lain soal Cawapres untuk Ganjar. PPP misalnya, masih tetap mengusulkan Sandiaga Uno. Beberapa nama lain yang ikut muncul dalam pembahasan itu adalah Mahfud, dan Emil. "Beberapa nama yang muncul itu, akan dikaji secara mendalam," kata Hasto.

Politisi asal Yogyakarta itu mengatakan, pada awal Ganjar dideklarasikan, ada 7 nama yang masuk daftar kandidat Cawapres. Daftar nama tersebut, kini sudah semakin mengerucut menjadi tiga nama. "Kami pro aktif melakukan kajian secara mendalam terhadap nama-nama tersebut," ucapnya.

Soal Emil bertemu Mega, Hasto membenarkan. Menurut dia, Emil dan Mega melakukan pertemuan tertutup beberapa waktu lalu. Namun, katanya, pertemuan itu membahas pembangunan beberapa monumen yang berkaitan dengan Bung Karno di Jabar.

Baca juga : Wabendum Kosgoro 1957: Tak Bisa Dilarang, Mereka Punya Hak Konstitusional

“Kami memberikan apresiasi atas suatu program untuk membangun kesadaran terhadap perjuangan Bung Karno sebagai Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia,” ucap Hasto.

Ditanya soal peluang Emil jadi Cawapres, Hasto bilang, keputusan itu merupakan kewenangan ketua umum partai politik pendukung Ganjar, yaitu PDIP, PPP, Hanura dan Perindo. 

Megawati, lanjutnya, juga akan berdiskusi dengan Presiden Jokowi untuk membahas, siapa bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Ganjar.

Baca juga : Elektabilitas Tertinggi, Ridwan Kamil Cawapres Teratas Survei Litbang Kompas

Lantas, bagaimana politisi PPP menyikapi masuknya nama Emil dan Mahfud MD, dalam daftar Cawapres yang semakin mengerucut itu? Berikut ini wawancaranya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.