Dark/Light Mode

Bakal Cawapres Pendamping Ganjar Semakin Mengerucut

Yusuf Lakaseng: Figur Paling Kuat Dari Jawa Timur

Minggu, 15 Oktober 2023 06:50 WIB
Yusuf Lakaseng, Ketua DPP Partai Perindo. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Yusuf Lakaseng, Ketua DPP Partai Perindo. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran Capres-Cawapres pada 19 Oktober-25 Oktober 2023. 

Namun, bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) pendamping bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo, belum juga diumumkan. 

Karena itu, partai-partai pendukung Ganjar masih berharap, jagoan mereka dipilih sebagai Calon Wakil Presiden.

Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Usman Tokan pun masih berharap, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dipilih sebagai Cawapres. 

"Kalau bukan Sandi, kami berharap, Cawapresnya ada irisan dengan pemilih PPP," ujar Usman, kemarin. 

Baca juga : Usman Tokan: Ada Satu Sosok Yang Masih Misteri

Ketua DPP Partai Perindo Yusuf Lakaseng menyatakan, partainya akan mendukung sepenuhnya siapa pun yang akan dipilih sebagai Cawapres. 

Meski begitu, lanjut Yusuf, Perindo masih berharap agar mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang dipilih sebagai Cawapres. 

"TGB memenuhi kriteria sebagai Cawapres," ujarnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, bakal Cawapres pendamping Ganjar, semakin mengerucut. PDIP telah menyiapkan sebuah kejutan untuk mengumumkannya.

Hal itu disampaikan Hasto di sela-sela Rakor Pemenangan Pilpres dan Pileg PDIP Jawa Timur di Vasa Hotel, Surabaya, Sabtu (14/10/2023), seperti dikutip dari CNNIndonesia.com. 

Baca juga : PDIP Sulsel Janjikan Tiket Kepala Daerah

Sebagai latar, Hasto menambahkan, dalam beberapa waktu terakhir, ada beberapa nama yang masuk bursa Cawapres pendamping Ganjar. Antara lain, mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Panglima TNI Andika Perkasa hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan politisi Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB).

Dalam waktu dekat, lanjutnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan, siapa Cawapres pendamping Ganjar.

"Nama-nama yang akan mendampingi Pak Ganjar, sudah digodok. Siapa yang dipilih, siap diumumkan. Kami tinggal menunggu momentum yang tepat," ucapnya.

Menurut Hasto, nama Cawapres itu akan diumumkan sekitar 19 Oktober-25 Oktober 2023, saat KPU membuka pendaftaran Capres-Cawapres. 

Selain itu, lanjut dia, PDIP juga sedang merencanakan kejutan. 

Baca juga : Survei Cawapres Poltracking: Erick Thohir Terkuat Di Jawa Timur

“Menurut KPU, pendaftaran 19 Oktober sampai 25 Oktober. Ini momentum yang baik. Kami rancang unsur kejutannya," kata Hasto.

Untuk membahas topik tersebut lebih lanjut, berikut ini wawancara dengan Yusuf Lakaseng. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.