Dark/Light Mode

Indikator Politik: Andika Kandidat Pendamping Ganjar Yang Paling tegas

Senin, 2 Oktober 2023 20:18 WIB
Andika Perkasa. (Foto : ist)
Andika Perkasa. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belum lama ini, Indikator Politik melansir hasil survei bertajuk ‘Signifikansi NU dan Peta Elektoral Jelang Pemilu 2024 di Jawa Timur’.

Di provinsi di Pulau Jawa dengan potensi pemilih sekitar 16% dari total pemilih di Indonesia, survei menempatkan Andika Perkasa sebagai kandidat bakal calon presiden dari Ganjar Pranowo yang paling tegas, berwibawa, dan bijaksana.

Survei diselenggarakan pada periode 14 hingga 20 September 2023 ini 

Baca juga : Survei Indikator: Warga Jatim Jagokan Ganjar Capres, Erick Cawapres

Untuk nilai ketegasan, kewibawaan, dan kebijaksanaan dalam kontestasi mendampingi Ganjar Pranowo, Andika Perkasa mendapat 39,1 poin. Sementara Erick Thohir 8,3 dan Khofifah sebesar 6,4 poin.

Latar belakang dan kecemerlangannya memimpin institusi TNI saat menjadi panglima diangap responden membuat sosok Andika unggul dalam ketiga nilai tersebut. Tidak hanya itu, Andika Perkasa juga menyoroti isu yang paling menjadi fokus masyarakat, yakni pemberantasan korupsi.

Tidak mengherankan jika pengamat politik Djuni Thamrin mengamini intelegensi yang dimiliki Andika Perkasa. 

Baca juga : Survei Indikator di Jatim, Ganjar Unggul 10,1 Persen dari Prabowo

“Melihat penugasan, karier dan pendidikan akademik yang cukup menonjol yang dimiliki oleh Andika Perkasa ini, maka tidak heran ia dapat menjadi kandidat pemimpin nasional yang dimiliki oleh Indonesia,” terang Djuni Thamrin dalam keterangannya, Senin (2/10).

Sebelumnya, Andika memang ingin pemberantasan korupsi menjadi tonggak kemajuan suatu negara. Ia memberi contoh negara tetangga, Singapura, yang dijadikan salah satu negara terfavorit sebagai tempat berinvestasi. Hal itu ditengarai karena ada kepastian hukum di sana.

“Nah jadi kalau Singapura bisa menjadi tujuan (investasi) kita harus bisa dong. Kembali ke tadi efisiensi di tingkat institusi, kalau (anggaran) kita tidak bocor di situ, tidak banyak korupsi, yang tidak tepat itu walaupun sedikit saving dari (pengeluaran pemerintah) 8,2% (dari) GDP, tapi fractionnya itu yang disumbang oleh institusi lembaga pemerintah,” ujar Andika Perkasa saat diwawancarai oleh Rhenald Kasali beberapa waktu lalu.

Baca juga : Megawati Bahas Pemenangan Ganjar Dan Beri Pidato Penutupan

Meski berlatar belakang militer, namun kepiawaian Andika dalam memahami spektrum ekonomi makro dan postur anggaran negara kita tidak datang tiba tiba. Pasalnya, sosok jenderal purnawirawan bintang 4 ini kenyang menempuh pendidikan luar negeri sampai tingkat tertinggi, strata 3.

Kekuatan dalam hal akademik menjadi salah satu poin lebih Andika Perkasa yang tidak dimiliki oleh jenderal-jenderal purnawirawan lainnya. Andika perkasa menyelesaikan gelar Ph.D di The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, Washington D.C., AS.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.