Dark/Light Mode

Capres Ganteng, Muda Dan Lincah

Ganjar Disukai Kaum Hawa

Senin, 25 September 2023 07:30 WIB
Bakal calon presiden dari partai PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan gagasan di UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). (Foto: Antara)
Bakal calon presiden dari partai PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyampaikan gagasan di UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (19/9/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo disebut-sebut lebih disukai oleh pemilih perempuan ketimbang Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Mengapa Ganjar disukai banyak perempuan, mungkin karena aura yang dimunculkan dan ekspresi yang ditampilkan menimbulkan rasa simpati, se­hingga mereka menyukai,” kata peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro di Jakarta, kemarin.

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini menjelaskan, sejumlah karakter perem­puan dalam melihat sosok dan penampilan Capres. Mulai dari karakter, pemilih perempuan itu peka terhadap Capres yang baik, cool, hingga asyik untuk disapa dan diajak bicara.

Baca juga : SMRC: Mahfud MD Perkuat Suara Ganjar Di Nahdliyin

Selanjutnya, pemilih perem­puan juga memiliki empati yang tinggi, sehingga diprediksi memilih bakal Capres yang mau memahami, memperhatikan dan melindungi kaum perempuan. Sebab, fitrah perempuan itu lembut, keibuan dan perhatian terhadap sesama dan sekitarnya.

“Secara umum, perempuan menyukai laki-laki yang penuh perhatian, baik hati dan mau memahami,” tuturnya.

Eks aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini memberikan kisi-kisi kepada Capres maupun Caleg pria yang akan maju di kontestasi Pemilu 2024. Pastinya, pemilih perempuan akan sangat teliti. Termasuk, menyorot sosok kebapakan-nya.

Baca juga : Relawan Mas Bowo Gelar Senam Sehat Dan Bagikan Sembako Di Karawang

“Seperti apa keluarganya, har­moniskah, penuh rasa sayangkah ke istri dan anaknya,” rincinya.

Hal tersebut, kata dia, se­bagaimana mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat berkontestasi pa­da Pemilu 2004. Tokoh Partai Demokrat itu menjadi capres yang diidolakan dan dipilih kaum ibu-ibu.

"Karena pada dasarnya, perempuan ternyata tidak memilih calon perempuan. Data empirik ini ditunjukkan dari pengalaman pemilu selama ini, yaitu calon perempuan belum tentu dipilih oleh pemilih perempuan," pung­kasnya.

Baca juga : Gandeng Bukalapak, Bank Mandiri Taspen Genjot Digitalisasi UMKM

Diketahui, hasil survei Litbang Kompas pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2023 disebutkan, pemilihperempuan berpotensi lebih banyak memberikan du­kungan ke Ganjar Pranowo, disusul Prabowo Subianto, lalu Anies Baswedan pada Pilpres 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.