Dark/Light Mode

Ganjar Sudah Bicara Tentang Cara Mengganti Menterinya

Achmad Baidowi: Namanya Gagasan Boleh-boleh Saja

Sabtu, 11 November 2023 05:35 WIB
Achmad Baidowi, Anggota Tim Sukses Ganjar-Mahfud. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Achmad Baidowi, Anggota Tim Sukses Ganjar-Mahfud. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Ganjar dikritik, karena sudah bicara tentang penggantian menteri. Tanggapan Anda?

Namanya gagasan, hal yang biasa. Tapi, itu belum tentu teraplikasikan. Tinggal kita lihat situasi dan dinamika politik. Tapi, sebagai sebuah gagasan, boleh-boleh saja.

Ganjar juga menyuarakan keterlibatan publik dalam hal menteri yang akan diganti. Bukankah reshuffle kabinet itu hak prerogatif Presiden?

Sekarang pun banyak masukan dari masyarakat mengenai reshuffle kabinet. Tapi, hak prerogatif tetap di tangan Presiden. Apakah mengikuti masukan publik atau tidak, itu hak Presiden.

Baca juga : Ganjar Bicara Lingkungan Hingga Pendidikan, Mahasiswa Puji Gagasan Konkret-Solutif

Apa yang disampaikan Ganjar itu dianggap kepedean. Tanggapan Anda?

Punya gagasan jangan dianggap kepedean atau berlebihan. Terpenting, penentuan atau penggantian anggota kabinet, tidak melanggar konstitusi. Kok,  mengeluarkan ide saja dilarang. Menyampaikan gagasan sebelum terpilih, itu wajar. Soal menang atau kalah, itu pun wajar.

Prabowo juga begitu ya?

Iya, Prabowo pun banyak melontarkan gagasan yang akan dilakukan kalau menjadi Presiden. Berarti, Prabowo juga terlalu pede. Padahal, belum tentu jadi Presiden.

Baca juga : KPK Geledah Kantor Kementan, Sasar Ruangan Menteri Dan Sekjen

Anda juga begitu ya?

Iya, saya jika menjadi anggota DPR lagi, ingin pendidikan digratiskan. Apakah itu kepedean? Tidak. Itu target. Jika tidak terwujud, yang penting ikhtiarnya.

Anda tidak merasa Ganjar kepedean?

Mungkin pendukung Prabowo kaget, karena Ganjar mengungkapkan hal yang baru dalam bidang pemerintahan. Itu bukti bahwa Ganjar melampaui generasinya. Bagus dong. Bukan kepedean.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Sabet Penghargaan Tokoh Inovatif

Orang yang suka dengan gagasan baru, pasti senang kalau ada yang mengungkapkan gagasan baru. REN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.