Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FKG Usakti Edukasi Pentingnya Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut Anak

Minggu, 22 Januari 2023 17:24 WIB
Edukasi kesehatan gigi dan mulut yang digelar FKG Usakti, di SDIT Al-Madinah, Bogor, Jumat (20/1). (Foto: FKG Usakti)
Edukasi kesehatan gigi dan mulut yang digelar FKG Usakti, di SDIT Al-Madinah, Bogor, Jumat (20/1). (Foto: FKG Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam upaya mengurangi tingginya prevalensi karies gigi pada anak-anak, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) kembali menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada murid-murid sekolah dasar. Kali ini, dilakukan di di SDIT Al-Madinah, Bogor, Jumat (20/1).

Ketua Pelaksana PkM drg. Melaniwati mengatakan, sekitar 90 persen anak-anak usia sekolah di seluruh dunia pernah menderita karies. Di Indonesia, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018, sebanyak 57,6 persen masyarakat Indonesia memiliki masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Penyakit gigi dan mulut di Indonesia menjadi urutan tertinggi sebesar 45,68 persen yang bersumber dari karies gigi dan menjadi 10 besar penyakit yang diderita oleh masyarakat.

Tingginya prevalensi karies gigi pada anak-anak antara lain disebabkan buruknya oral hygiene. Keadaan ini dikarenakan anak memiliki keterbatasan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, sehingga rentan terkena karies. Karies dapat meluas ke lapisan email, dentin, dan pulpa.

Baca juga : Ini Syarat Penting Untuk Dapat Gaji Berstandar Luar Negeri

Karies pada tahap awal tidak menimbulkan gejala. Tetapi, apabila karies sudah menembus dentin, akan mulai terasa nyeri apabila terkena makanan dingin dan minuman manis. Karies yang meluas mencapai pulpa, akan menimbulkan sakit berdenyut yang spontan secara terus menerus meskipun tanpa rangsangan dari makanan dan minuman.

“Karies yang meluas dan menimbulkan rasa sakit akan membuat anak kesulitan untuk mengunyah dan malas untuk makan yang akhirnya menyebabkan terganggunya proses pencernaan dan penyerapan makanan pada anak. Hal ini dapat menjadi fokal infeksi timbulnya penyakit pada organ tubuh lainnya,” tuturnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (22/1).

Pada PkM itu, anak-anak diberikan materi oleh drg. Melaniwati, Sp.KG dan tim mengenai cara membersihkan gigi dan mulut. Beberapa cara yang digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut, seperti teknik menyikat gigi, waktu yang tepat untuk menyikat gigi, durasi menyikat gigi, pergantian sikat gigi, dan pemilihan sikat gigi dan pasta gigi yang benar.

Baca juga : Mendag Zulhas Perjuangkan Harga Kedelai Bisa Murah

Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan tatap muka langsung di SDIT Al-Madinah. Tim PkM kali ini adalah drg Melaniwati bersama sebelas anggotanya yaitu drg Wiwiek Poedjiastoeti, drg Raden Roro Asyurati Asia, drg Muhammad Ihsan Rizal, drg Lia Hapsari Andayani, dibantu mahasiswa FKG Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (drg Miranti Putri Darmawanti), Program Profesi Dokter Gigi (Richard Manuel, Melisa Putri Usboko, Yoseph Kusnadi), alumni FKG Usakti (drg Florencia Livia), pegawai Tenaga Pendidikan (Rian Nur Zulaika). Acara dihadiri Kepala Sekolah SD IT Al-Madinah Muhamad Ilyas dan seluruh guru dan murid kelas 3 SDIT Al-Madinah.

Tidak hanya penyuluhan, FKG Usakti juga memberikan bantuan berupa sikat gigi, pasta gigi, banner edukasi mengenai 6 langkah cara mencuci tangan serta cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Dengan kegiatan penyuluhan ini, drg Melaniwati berharap dapat memberikan solusi atas permasalahan kesehatan gigi dan mulut anak-anak di SDIT Al-Madinah. Yaitu dengan cara mengajak, mengimbau, mengedukasi, serta menyediakan media informasi kepada murid-murid, sehingga diharapkan derajat kesehatan gigi dan mulut anak-anak Indonesia dapat meningkat.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.