Dark/Light Mode

FKG Usakti-Komunitas Sekolah Dasar Tingkatkan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak

Jumat, 13 Januari 2023 17:33 WIB
Penyuluhan gigi dan mulut yang dilakukan FKG Usakti di SDS Islam Bahagia Tambora, Jakarta Barat, Jumat (13/1). (Foto: Usakti)
Penyuluhan gigi dan mulut yang dilakukan FKG Usakti di SDS Islam Bahagia Tambora, Jakarta Barat, Jumat (13/1). (Foto: Usakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti) kembali melaksanakan program tahunan, yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Jumat (13/1). Kegiatan ini dilakukan secara langsung di Sekolah Dasar Swasta Islam Bahagia, Tambora, Jakarta Barat, berupa penyuluhan dan pelatihan bersama dengan para orang tua/wali, guru dan siswa-siswi dengan Tema “Pemberdayaan Komunitas Sekolah Dasar salam Peran Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak”.

“Dengan penuh rasa bahagia dan bangga, karena FKG Usakti berhasil melaksanakan kegiatan PkM ini. Kami berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dalam 1 tahun sekali,” ucap Kepala Sekolah SDS Islam Bahagia Tambora Usmaliana.

Sebelum memulai sesi pemaparan materi PkM, para orang tua/wali, guru dan siswa-siswi mengikuti pre-test dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan ice breaking berhadiah, berupa kuis tebak kata, lagu, dan gambar untuk menambah semangat dan motivasinya dalam mengikuti kegiatan ini.

Baca juga : Revisi PP Devisa Hasil Ekspor Dongkrak Kekuatan Rupiah Lawan Dolar AS

Sesi pemaparan materi PkM dari tim penyuluh, diawali dengan pemberian materi yang diberikan drg. Indrani Sulistyowati mengenai Anatomi Gigi dan Mulut. Lalu dilanjutkan oleh Dr. drg. Wita Anggraini, yang memberikan materi mengenai Masalah Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Konsep Storytelling yang berjudul “Curhatan Gigi Bonbin yang Sedih”. Kemudian, diakhiri dengan materi dari Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, mengenai Pencegahan dan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut.

Salah satu sesi yang sangat menarik pada kegiatan ini adalah pelatihan cara menyikat gigi yang baik dan benar yang dipandu tim penyuluh, drg. Annisaa Putri Ariyani, didampingi mahasiswa FKG Usakti. Sesi ini berisikan praktik peragaan menyikat gigi yang diwakili beberapa siswa sebagai contoh.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan pengisian lembar kerja di rumah yaitu praktik 3 minggu sikat gigi pagi dan malam bersama orang tua. Lembar kerja ini bertujuan untuk memotivasi para ibu dan siswa agar tetap menerapkan ilmu yang telah didapatkan dari kegiatan ini dan menjadikan kegiatan sikat gigi bersama ini sarana untuk meningkatkan kedekatan ibu dan anak.

Baca juga : Akademisi: Esensi Perppu Cipta Kerja Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tambahan dari pembicara tamu, dr. Rivo Mario Warouw Lintuuran mengenai Membangun Kedekatan Orang Tua dan Anak. Semua orang tua/wali, guru, dan siswa siswa-siswi terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan PkM ini. Para peserta juga secara bergantian mengajukan beberapa pertanyaan seputar materi penyuluhan, dan aktif saat pelatihan cara menyikat gigi.

“Kegiatan ini memberikan banyak ilmu baru dan pengalaman bagi anak dan khususnya orangtua, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membuat kami menjadi lebih peduli dengan kesehatan gigi dan mulut,” ucap Ernawati, selaku orang tua dari Cakra Hanafi Faher kelas 2A SDS Islam Bahagia.

Pada akhir sesi kegiatan PkM ini, para peserta diajak untuk mengerjakan post-test yang berisi soal-soal materi yang telah dipaparkan oleh para penyuluh.

Baca juga : Cegah Kecelakaan, Komunitas Supir Truk Pendukung Ganjar Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

PkM ini melibatkan civitas akademika FKG USAKTI yaitu: Dosen Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Prof. Dr. drg. Tri Erri Astoeti, drg. Annisaa Putri Ariyani, dan Del Afriadi Bustami, Dosen Program Studi Profesi Dokter Gigi Dr. drg. Wita Anggraini, M.Biomed, tenaga kependidikan Suci Centini Harahap, mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Elmah Rosya Risadde, pahasiswa Program Profesi Dokter Gigi Bramantyo Senoaji Herlambang, Richentya Feiby Salim, Anneke Ramadhanty Putri Wardani, dan alumni FKG Usakti 2008 drg. Indrani Sulistyowati.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.