Dark/Light Mode

Universitas Trilogi Gelar Konferensi Internasional Akuntansi & Anti Fraud

Jumat, 3 Februari 2023 19:19 WIB
1st International & 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing yang digelar Universitas Trilogi. (Foto: Universitas Trilogi)
1st International & 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing yang digelar Universitas Trilogi. (Foto: Universitas Trilogi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indeks Persaingan Global tahun 2022 yang telah dipublikasikan Institute for Management Development (IMD) menempatkan ranking daya saing Indonesia merosot dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2022, Indonesia hanya bisa menempati posisi 44. Posisi ini merupakan capaian terendah Indonesia dibandingkan 5 tahun terakhir.

Berangkat dari kondisi ini, Universitas Trilogi menggelar 1st International & 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing. Rektor Universitas Trilogi Pramono Hari Adi mengajak para peserta konferensi untuk membahas realitas daya saing Indonesia ini. Menurutnya, ilmu akuntansi sangat relevan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pemerintahan.

“Berdasarkan catatan tersebut menjadi relevan masalah tadi dijadikan materi diskusi mendalam pada forum ini. Harapan kita bersama tentunya ilmu akuntansi mampu mengakselerasikan efisiensi pemerintah sekaligus bisnis di era digital ini,” kata guru besar bidang ilmu manajemen pemasaran ini, dalam sambutannya saat membuka 1st International & 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing.

Baca juga : Doni Monardo Gelar Baksos Operasi Katarak Di Puncak Jaya Papua

Pramono berharap, forum konferensi ini mampu memperkuat posisi ilmu akuntansi yang bukan sekadar dipandang sebatas pada laporan keuangan dan perpajakan. “Lebih dari itu, kita harus bersepakat agar ilmu ini mampu menghidupkan ekosistem budaya yang bersih, transparan, mudah dan modern. Sebagai daya dobrak meningkatkan daya saing bangsa,” tuturnya.

Ketua Yayasan Pengembangan Pendidikan Indonesia Jakarta (YPPIJ) Arissetyanto Nugroho berharap, agar dunia akuntasi menjadi salah satu pemain utama dalam arus perubahan yang terjadi.

“Seperti yang kita pahami bersama, di awal kemunculan otomatisasi, beberapa pakar mengatakan akuntansi memiliki masa depan yang suram di dunia digital masa depan. Namun, pandemi Covid-19 justru menunjukkan bahwa akuntan menjadi profesi yang telah bergerak jauh melampaui pembukuan dan penggajian belaka. Profesi akuntan mengambil peran yang semakin strategis untuk bisnis yang berpikiran maju dan lebih agile,” tuturnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Gelaran Indonesia International Motor Show 2023

Kegiatan 1st International & 4th National Conference on Accounting and Fraud Auditing ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Program Studi Akuntansi dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKSI) Universitas Trilogi.

Ketua Pelaksana Rizka Ramayanti menjelaskan, konferensi tahun ini merupakan tahun keempat untuk konferensi tingkat nasional dan tahun pertama untuk tingkat internasional. Untuk tingkat nasional, terdiri dari seminar dan call for paper sedangkan untuk tingkat internasional dalam bentuk seminar sebagai inisiasi untuk penyelenggaraan call for paper pada tahun berikutnya.

“Pada pelaksanaan tahun ini, ada sebanyak 152 paper yang lolos hasil review dan dapat dipresentasikan baik secara luring maupun daring,” tutur dosen akuntansi yang juga Kepala Bagian Monitoring dan Evaluasi Universitas Trilogi ini.

Baca juga : PP Hima Persis Gelar Diklatnas Hukum dan HAM

Kegiatan konferensi ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, yakni 1 - 2 Februari 2023. Untuk sesi luringnya dilaksanakan di Auditorium Universitas Trilogi, sementara itu sesi daringnya dilakukan melalui Zoom cloud meeting.

Dengan mengusung tema “The New Age of Accountancy: to Comply and Beyond”, konferensi ini terselenggara atas kolaborasi dengan organisasi profesi bidang akuntansi. Di antaranya ACFE Indonesia Chapter, APSAE, dan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Kompartemen Akuntan Pendidik Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi DKI Jakarta.

Selain itu, juga didukung 10 perguruan tiinggi sebagai co host dan 35 jurnal terindeks SINTA – Google Scholar sebagai mitra jurnal serta disponsori Bank Indonesia, PT Indosat Tbk, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), KAP Sriyadi Elly Sugeng & Rekan (Member of KUDOS), Sayur Box, serta Wardah.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.