Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UP-Okabayashi Jaya Corporation Gelar Seminar Internasional Penanggulangan Bencana

Selasa, 27 Desember 2022 21:56 WIB
Pembukaan Seminar Internasional yang diselenggarakan Universitas Pancasila bersama Okabayashi Jaya Corporation Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto. (Foto: Dok. UP)
Pembukaan Seminar Internasional yang diselenggarakan Universitas Pancasila bersama Okabayashi Jaya Corporation Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto. (Foto: Dok. UP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Studi Teknik Sipil, Universitas Pancasila (UP) bekerja sama dengan Okabayashi Jaya Corporation Japan mengadakan kegiatan International Seminar, Competition, National Discussion dengan topik utama “Strengthening Indonesia Future Disaster Managements: Lesson Learned from International Experiences”, Senin (19/12). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama Fakultas Teknik Universitas Pancasila dengan Okabayashi Jaya Corporation Jepang.

Tujuan kegiatan ini adalah mempromosikan pentingnya kesiapsiagaan bencana sebelum terjadi bencana alam (dalam lingkup utama teknologi infrastruktur, kesiapsiagaan bencana, dan literasi), dengan tujuan utama meningkatkan penanggulangan bencana di Indonesia dan memperkuat ketahanan masyarakat terhadap bencana. Kegiatan ini terdiri dari tiga agenda utama yaitu Seminar Internasional, Diskusi Nasional, dan Pendidikan Kebencanaan yang berisikan kompetisi untuk generasi muda Indonesia.

Tiga kegiatan ini disponsori Celebes Railway Indonesia (CRI), Perkumpulan Pengusaha Pelaksana Kontraktor dan Konstruksi Indonesia (Perpekoni), Perkumpulan Ahli Teknik Sipil Indonesia (PASTI), dan didukung Courage Consulting Indonesia (CCI), Okabayashi Reka Indonesia (ORI), Jurnal Infrastruktur dan Jurnal Janata (Universitas Pancasila).

Baca juga : Salurkan Asuransi Jiwa Syariah, Generali Indonesia Wakafkan Ambulance Kepada Dompet Dhuafa

Acara diawali dengan diskusi nasional. Kegiatan ini disambut Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila Budhi Muliawan Suyitno dan Presiden Direktur Okabayashi Jaya Corporation Japan Momoe Okabayashi. Acara lalu dibukan oleh Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto.

Diskusi Nasional diisi lima pembicara yaitu Prof Widiatmaka (Ketua Program Studi Doktoral Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan-Institut Pertanian Bogor), Ar Marwan (Ketua Region III Ikatan Arsitek Indonesia/IAI), Muh Zulkifli Mochtar (Direktur Okabayashi Jaya Corporation, Jepang), Wandi (PT. TOA Galva Prima Karya, Indonesia), Ario Muhammad (Honorary Research Fellow, University of Bristol UK & Airlangga Postdoctoral Fellow). Diskusi dimoderatori Riadika Mastra dan Nicco Plamonia (Dosen Program Studi Teknik Sipil-Universitas Pancasila).

Selanjutnya, pada sesi siang, dilanjutkan dengan Seminar Internasional dengan lima pembicara yaitu Prof Walter Timo de Vries (Technical University of Munich, Jerman) dengan topik Integrated Land Water Development, Junko Wakatsuki (Takuwa Corporation, Japan) dengan topik Water Monitoring Sensor for Flood Management, Nuraini Rahma Hanifa (Badan Riset dan Inovasi Indonesia/BRIN) dengan topik The Need for Disaster Knowledge Management System in Indonesia, Yasuhiro Okuda (IMV Corporation, Jepang) dengan topik Seismic Monitoring System for Plant and Building, dan Kay Thwe Hlaing (Yangon University of Education, Myanmar) dengan topik Environmental Challenges of the Ayeyarwady River Delta Myanmar. Seminar ini dimoderatori Sitti Aisyah Rahman (INSA Strasbourg, Perancis).

Baca juga : PMI Butuh Pelindungan

Kedua acara tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada para pembicara. Kegiatan Seminar Internasional dan Diskusi Nasional ini diikuti dosen, peneliti, praktisi serta mahasiswa dengan total 238 peserta.

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat. Maka, kesadaran ini harus dimiliki setiap lapisan, dari individu, keluarga, hingga masyarakat. Juga diperlukan peran pemerintah bersama komponen masyarakat, dan hal ini harus dianggap sebagai pengembangan investasi.

Dari ketiga agenda kegiatan itu, masih ada kompetisi internasional untuk generasi muda yang terdiri dari kompetisi fotografi, poster, dan infografis. Masa registrasi dan pengumpulan materi kompetisi tersebut diperpanjang sampai 18 Februari 2023, kemudian pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 25 Februari 2023.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.