Dark/Light Mode

Guru Besar Esa Unggul Maknai World Cancer Day Momentum Deteksi Dini Kanker

Jumat, 10 Februari 2023 17:11 WIB
Guru Besar Prodi Farmasi Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta Prof Maksum Radji (Foto: Dok. UEU)
Guru Besar Prodi Farmasi Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta Prof Maksum Radji (Foto: Dok. UEU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Hari Kanker Sedunia diperingati setiap 4 Februari. Peringatan World Cancer Day ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan upaya pencegahan penyakit kanker di seluruh dunia.

Guru Besar Prodi Farmasi Universitas Esa Unggul (UEU) Jakarta Prof Maksum Radji menerangkan, terdapat organisasi yang menangani upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit kanker di tingkat dunia yaitu The Union for International Cancer Control (UICC). UICC yang didirikan pada 1993 di Jenewa tersebut, bertujuan untuk menformulasikan berbagai upaya pemberantasan kanker di seluruh dunia dan penelitian medis tentang kanker guna memahami penyebab dan penemuan terapi berbagai jenis kanker.  

Dia menerangkan, Hari Kanker Sedunia diresmikan pada World Summit Against Cancer pertama pada 2000. Acara tersebut berlangsung di Paris dan dihadiri anggota organisasi kanker dan para pemimpin pemerintahan dari seluruh dunia. Sebuah dokumen 'Piagam Paris Melawan Kanker', menampilkan 10 artikel, telah disepakati dan ditandatangani, berisikan komitmen global untuk meningkatkan fasilitas dan kualitas hidup pasien kanker.

Baca juga : Ganjar Milenial Bagi-Bagi Vitamin Dan Pengobatan Gratis Di Langkat

“Selain itu, juga upaya untuk mendorong berbagai penelitian, serta upaya pencegahan dan pengobatan kanker. Dalam piagam ini secara resmi dideklarasikan Hari Kanker Sedunia yang diperingati pada setiap 4 Februari,” terangnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (10/2).

Prof Maksum menambahkan, Hari Kanker Sedunia merupakan upaya para ahli dan pemerhati masalah kanker di seluruh dunia bersatu guna melawan epidemi kanker secara global. Tujuannya, untuk mencegah jutaan kematian setiap tahunnya dan  meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kanker, serta mendesak pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk bekerja sama melawan penyakit kanker.

Prof Maksum melanjutnya, Hari Kanker Sedunia merupakan salah satu upaya penting untuk meningkatkan kesadaran tentang pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Tujuannya adalah untuk menginformasikan dan mendorong pemahaman masyarakat tentang pencegahan, deteksi dini, dan pengobatannya. Adapun tema Hari Kanker Sedunia tahun 2023 adalah "Close the Care Gap" yang artinya 'Tutup Kesenjangan Perawatan'.

Baca juga : Nobar Di Rumah Duta Besar Qatar

“Dipilihnya tema ini untuk menegaskan kepada setiap orang bahwa setiap individu dapat berkontribusi untuk mengurangi dampak penyakit kanker. Tema Hari Kanker Sedunia 2023 ini merupakan tema tahun kedua. Tema ini telah dicanangkan sama selama 3 tahun sejak 2022. Tema dari 3 tahun kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kurangnya kesetaraan dalam perawatan kanker yang terjadi di dunia,” papar Prof Maksum.

Dia menjelaskan, kanker adalah sebuah kondisi terjadinya pertumbuhan sel yang abnormal di dalam tubuh penderitanya yang tidak bisa dikendalikan. Kanker muncul sebagai akibat dari pertumbuhan sel-sel yang abnormal. Pertumbuhan sel abnormal ini umumnya membentuk benjolan umum yang dikenal dengan istilah tumor atau kanker jinak.

“Benjolan ini merupakan bentuk dari pertumbuhan sel abnormal pada semua jenis kanker, kecuali kanker darah. Sel kanker ini timbul dan berasal dari mutasi atau perubahan materi genetik seseorang. Kanker menjadi salah satu penyakit yang jarang sekali diwariskan dari orangtua pada anaknya. Sebagian besar kasusnya muncul seiring dengan berjalannya waktu sesuai dengan pola hidup masing-masing individu,” urainya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.