Dark/Light Mode

STMA Trisakti Gelar Olimpiade Asuransi dan Aktuaria Tingkat Nasional

Senin, 10 April 2023 23:33 WIB
Ketua STMA Trisakti Antonius Anton Lie (Foto: STMA Trisakti)
Ketua STMA Trisakti Antonius Anton Lie (Foto: STMA Trisakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA) Trisakti menyelenggarakan final Olimpiade Asuransi dan Aktuaria Tingkat Nasional dengan tema “Knowing Insurance Through Olympiad”, di Auditorium STMA Trisakti Jakarta, Senin (10/4).

Sebelumnya, sebanyak 255 siswa SMA, SMK, dan MA dari total 261 peserta yang mendaftar mengikuti babak penyisihan. Sebanyak 120 siswa memilih kategori Asuransi dan 141 siswa memilih kategori Aktuaria.

Peserta yang mengikuti olimpiade ini tersebar pada 13 provinsi di Indonesia. Setelah melalui tahap seleksi, sebanyak 117 peserta terbaik dari berbagai SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia yang telah berhasil lolos dari babak penyisihan. Masuk semi final, terdiri dari 52 orang siswa kategori Asuransi dan 65 orang siswa kategori Aktuaria dan 12 peserta lolos ke tahap final.

Baca juga : Jokowi Dan Ganjar Kompak Pakai Kemeja Putih Saat Tinjau Pasar Legi Solo

Ketua STMA Trisakti Antonius Anton Lie mengatakan, Olimpiade Asuransi dan Aktuaria tingkat nasional merupakan program strategis dalam memajukan dan meningkatkan literasi masyarakat terhadap asuransi. Sebab, selama ini yang masyarakat tahu asuransi hanya unit link, asuransi jiwa. Setelah membaca buku tentang asuransi, mereka jadi tahu beberapa produk-produk asuransi di luar itu.

"Tujuan utama kita adalah Indonesia yang sudah lama tertinggal begini lama, sekarang kita harus bangkit. STMA Trisakti sudah komit bahwa kita harus ada di depan mengawal kemajuan industri ini yang sudah tertinggal," ungkapnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Friderica Widyasari Dewi mengucapan terima kasih karena STMA Trisakti karena telah memberikan edukasi kepada generasi muda serta menjadi penerus dalam bidang keuangan, asuransi. Menurutnya, kegiatan ini merupakan satu momentum yang sangat baik sejalan dengan peningkatan industri asuransi di Indonesia.

Baca juga : Fadel Apresiasi Program Kerja Pemkab Gorontalo

Ketua Pembina Yayasan Trisakti Lukman menerangkan, asuransi dan setiap aspek kehidupan tidak dapat dipisahkan. Asuransi sangat penting dalam kehidupan. "Dengan adanya kegiatan ini, literasi asuransi dan aktuaria semakin tersebar seluruh kalangan baik generasi muda sampai yang generasi tua,” ucapnya.

Babak final Olimpiade Asuransi dan Aktuaria tingkat nasional dilaksanakan pada Senin (10/4) bertepatan dengan Dies Natalis ke-39 STMA Trisakti. Antonius berharap, peserta yang mengikuti Olimpiade Asuransi dan Aktuaria tingkat nasional ini akan mengisi dan memajukan industri asuransi tidak hanya di Indonesia tapi dunia.

"Dengan adanya komitmen dan dukungan luar biasa dari Pemerintah melalui OJK, Yayasan STMA Trisakti, dan pihak Industri yang memiliki visi misi yang sama serta berjuang bersama, kami yakin dapat menyelenggarakan Olimpiade Asuransi dan Aktuaria Tingkat Nasional seratus kali lebih besar," tambah Antonius.

Baca juga : Usbat Ganjar Gelar Pentas Seni Ramadan Untuk Remaja Di Serdang Bedagai

Kegiatan Olimpiade Asuransi dan Aktuaria disponsori Asuransi Umum Bumida, Asuransi Wahana Tata, BRI Insurance, BCA Insurance, Asuransi Bangun Askrida, BNI Life, Asuransi Kredit Indonesia, Tugu Reasuransi Indonesia, dan PLN Insurance. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.