Dark/Light Mode

Universitas Pancasila Wisuda 974 Orang, Umumkan Raih Akreditasi Unggul

Selasa, 30 Mei 2023 16:21 WIB
Wisuda Universitas Pancasila, di ICE BSD, Tangerang, Selasa (30/5). (Foto: Dok. UP)
Wisuda Universitas Pancasila, di ICE BSD, Tangerang, Selasa (30/5). (Foto: Dok. UP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pancasila (UP) melakukan wisuda Semester Gasal 2022/2023 yang diikuti 974 orang wisudawan dari program studi D3, S1, Apoteker, S2 dan S3, di ICE BSD, Tangerang, Selasa (30/5). Di kesempatan yang sama, diumumkan bahwa UP mendapat akreditasi unggul dari Kemendikbud Ristek.

"Para wisudawan boleh berbangga, bahwa pada wisuda ini, semua wisudawan sudah bisa menerima ijazah kelulusan, dengan Akreditasi Unggul, yang merupakan nilai akreditasi tertinggi" ujar Rektor UP Prof Edie Toet Hendratno, dalam pidato, di wisuda itu.

Baca juga : Ayo, Mitigasi Krisis Pangan

Ketua Pembina Yayasan Pembina dan Pendidikan Universitas Pancasila (YPPUP) Siswono Yudo Husodo mengatakan, para wisudawan Universitas Pancasila, sebagai alumni harus terus meningkatkan kualitas SDM sehingga siap bersaing. Sebab, ke depannya Indonesia tidak hanya sekadar membutuhkan perubahan, tetapi juga program pembangunan yang berkelanjutan sehingga kesejahteraan yang merata akan terwujud.

"Universitas Pancasila dalam perjalanan 56 tahun dalam dunia pendidikan, tentunya tidak hanya akan berhenti setelah mendapatkan akreditasi unggul. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa fakultas yang sedang berporses mendapatkan akreditasi internasional yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis" jelasnya.

Baca juga : KSP Apresiasi Peran Anak Muda Bangkitkan Olahraga Nasional

Sejalan dengan itu, lanjut Siswono, UP turut serta dalam pertukaran mahasiswa luar negeri, Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Melalui program ini, sudah ada mahasiswa UP berkesempatan kuliah di kampus unggulan luar negeri (Amerika Serikat, Hungaria, dan Malaysia).

Prestasi dan pencapaian UP sepanjang tahun 2022 juga disampaikan melalui sambutan LLDikti Wilayah III Noviyanto. Pertama, UP meraih peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan Jumlah Usulan Terbanyak untuk Matching Fund. Kedua, mendapatkan Dana Hibah/Bantuan Pemerintah untuk Tim Dosen. Ketiga, UP menjadi klaster Penelitian Mandiri & Klaster PKM Sangat Bagus. Keempat, UP memiliki 12 jurnal terakreditasi SINTA. Kelima, mendapatkan penghargaan pada Rakorda 2022.

Baca juga : Buka Diklat Kaderisasi Pemuda Pancasila, Bamsoet: Jangan Pecah Karena Pilpres

Penghargaan dalam Rakorda 2022, karena beberapa pencapaian yang diraih UP. Yaitu, menjadi daftar Perguruan Tinggi dengan pelaporan PDDIKTI 100 persen dalam kurun waktu 5 tahun terakhir (dari 2016 semester ganjil hingga 2020 semester genap), menjadi perguruan tinggi dengan perolehan Guru Besar atau Profesor terbanyak dari tahun 2020-2021, mendapatkan penghargaan apresiasi pemenang Program Matching Fund 2021, dan mendapatkan penghargaan Apresiasi Top 5 Perguruan Tinggi yang megikuti Flagship MBKM 2021.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.