Dark/Light Mode

6 Universitas Papua Barat Sandang Ranking TOP UniRank 2023

Kamis, 13 April 2023 11:13 WIB
Universitas Muhammadiyah Sorong. (Foto: Istimewa)
Universitas Muhammadiyah Sorong. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Enam perguruan tinggi di Papua Barat masuk daftar UniRank. Seperti Universitas Papua (Unipa), Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Muhammadiyah Sorong (Kota Sorong), Universitas Kristen Papua, Universitas Victory Sorong, dan Universitas Nani Bili Nusantara.

UniRank adalah lembaga pembuat ranking perguruan tinggi internasional yang berpusat di Sydney, Australia. Tidak semua perguruan tinggi dapat masuk daftar UniRank.

Prestasi ini mendapat apresiasi dari Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB), Khairul Anam. Kata dia, ini bukti peningkatan kualitas dan sejumlah inovasi yang dilakukan oleh semua stakeholder antara pihak kampus dan Pemerintah setempat maupun masyarakat.

"Ini sangat dahsyat sebagai bentuk kemajuan dari kampus-kampus yang ada di tanah Papua, dan mencerminkan visi dari Presiden Jokowi dalam peningkatan SDM sudah nampak berhasil," ujar Anam kepada media di Jakarta, Kamis (13/4).

Baca juga : Penelitian Di Universitas Bakrie Bantu Penanganan Kesehatan DKI Jakarta

Kata Anam, kerja luar biasa dari seluruh pihak harus diapresiasi yang sudah berhasil membawa kemajuan bagi pengembangan perguruan tinggi di Bumi Cendrawasih.

"Tata kelola dan kualitas perguruan tinggi yang baik, akan menjadikan perguruan tinggi yang unggul dan memiliki daya saing dalam ikut melaksanakan percepatan pembangunan," tuturnya.

Menurut Anam, capaian 6 kampus yang ada di Papua Barat ini tidak terlepas dari konsen Presiden Jokowi dalam membangun sumber daya manusia untuk kemajuan Indonesia, yang juga didukung pembangunan infrastruktur hingga ke pelosok nusantara.

"Ini akan menjadi kekuatan besar Indonesia kedepan dan akan mensejajarkan kita dengan bangsa-bangsa lain di dunia," tandasnya.

Baca juga : Pras: Persija Harus Punya Kandang Di Jakarta

Berikut daftar enam universitas terbaik di Papua Barat dan Papua Barat Daya berdasarkan daftar UniRank:

1. Universitas Papua (Unipa). UniRank menempatkan Universitas Papua di urutan ke-195. Kampus Unipa berdiri di Manokwari, Papua Barat.

2. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Universitas di Kota Sorong ini menempati peringkat ke-201.

3. Universitas Muhammadiyah Sorong (Kota Sorong). Perguruan tinggi berada jdi Kota Sorong dan menempati urutan ke-365 di daftar UniRank.

Baca juga : Sahabat SandiUno Berbagi Ratusan Takjil, Hingga Santuni Yatim

4. Universitas Kristen Papua. UniRank mendaftarkan kampus di Kota Sorong tersebut di urutan ke-480.

5. Universitas Victory Sorong. Kampus di Kota Sorong ini ada di urutan ke-531 daftar UniRank.

6. Universitas Nani Bili Nusantara. Perguruan tinggi itu berada di Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. UniRank menempatkannya di peringkat ke-549 kampus terbaik di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.