Dark/Light Mode

Didukung BI, Universitas Trisakti Sukses Gelar KKN di Pandeglang

Senin, 14 Agustus 2023 22:17 WIB
Kegiatan KKN mahasiswa Universitas Trisakti, di Pandeglang, Banten. (Foto: Dok. Trisakti)
Kegiatan KKN mahasiswa Universitas Trisakti, di Pandeglang, Banten. (Foto: Dok. Trisakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di Universitas Trisakti, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dinamakan Kuliah Usaha Mandiri-Ilmu Teknologi Terapan (KUM-ITT). Kegiatan ini didukung Bank Indonesia (BI). Tahun ini merupakan dukungan tahun ke-3 bersama-sama membangun masyarakat Indonesia secara nyata lewat KUM-ITT. Lokasi kegiatan tahun ini berada di Kecamatan Jiput dan Pulosari, Pandeglang, Banten.

Wakil Rektor Bidang Akademik Wakil Rektor I Universitas Trisakti Prof Asri Nugrahanti mengatakan, dengan adanya kegiatan KKN ini, mahasiswa dapat berinteraksi dengan masyarakat dan membantu memecahkan persoalan yang ada di masyarakat.

Baca juga : Kowarteg Ganjar Dukung Inovasi Masyarakat Dengan Pelatihan Pembuatan Brownies

Direktur LPPM Prof Astri menambahkan, para mahasiswa telah dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan sebelum terjun ke masyarakat. Termasuk menghormati kearifan lokal yang ada di masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan KUM-ITT di Pandeglang melalui proses kegiatan berikut pembekalan, survei ke lokasi, presentasi program kerja, pematangan program kerja, pelaksanaan kegiatan lapangan pada 3-12 Juli 2023, dan presentasi akhir kegiatan pada 8 Agustus 2023.

Baca juga : PSI Merapat Ke Gerindra?

Ketua Pelaksana KUM-ITT Wawan Kurniawan mengatakan, berbagai program kerja berhasil diterapkan ke masyarakat. Di antaranya, penerapan berbagai teknologi tepat guna seperti alat penangkap embun, teknologi penyaring air, teknologi pembuat briket, dan perapihan sumber air artesis, Selain itu juga ada perintisan Desa Wisata di masing desa untuk meningkatkan perekonomian warga desa dan pembinaan UMKM di masing-masing desa.

Pada saat yang sama, para mahasiswa Trisakti juga berkolaborasi dengan mahasiswa KKN dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam konservasi hayati Gunung Pulosari. Ide-ide kreatif juga diterapkan di lapangan seperti pembuatan spot foto, perbaikan jembatan, Mahasiswa Trisakti Mengajar, dan penyuluhan gigi dan mulut.

Baca juga : Perkuat Dukungan, Relawan Asandra Gelar Kegiatan Sosial Di Malang

Selain itu, mahasiswa juga telah menghasilkan luaran KKN/KUM-ITT berupa karya ilmiah, PPT akhir, poster kegiatan, laporan akhir, karya ilmiah dan hak kekayaan intelektual (HKI).

Tanggapan positif disampaikan Camat Pulosari Gimas Rahadyan, Camat Jiput Muslim Taufiq, Lurah Sikula Jamak Sari, Lurah Salapraya Toton, Lurah Cilentung Karnak dan Lurah Banjarnegara Sahrowi. Mereka kompak mengatakan, mahasiswa Universitas Trisakti dalam KUM-ITT tahun 2023 telah nyata membantu berbagai permasalahan yang ada di masyarakat dan mengharapkan kegiatan ini dapat berkesinambungan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.