Dark/Light Mode

Universitas Pancasila Gelar PKKBM, Dihadiri Ganjar Pranowo

Senin, 28 Agustus 2023 20:13 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) menjadi pemateri dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Pancasila, di Jakarta, Senin (28/8). (Foto: Dok. UP)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) menjadi pemateri dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Pancasila, di Jakarta, Senin (28/8). (Foto: Dok. UP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pancasila (UP) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Semester Gasal Tahun Ajaran 2023/2024, di Auditorium Universitas Pancasila, Jakarta, Senin (28/8). Kegiatan ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Rektor Universitas Pancasila Prof Edie Toet Hendratno mengatakan, tujuan PKKMB adalah untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri. Sekaligus proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

"Universitas Pancasila telah menghilangkan budaya Ospek bagi mahasiswa baru. Dari 5.376 yang mendaftar, yang lulus tes dan diterima di Universitas Pancasila sebanyak 2.111 orang. Pada PKKMB ini, setiap mahasiswa baru mendapatkan materi mulai dari pengenalan lingkungan kampus, psikologi, perkuliahan, perkembangan ilmu pengetahuan hingga jenjang karier,” tutur Edie Toet, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (28/8).

Baca juga : Awas, Dendam Gajah Perang

Dalam pidatonya, Ganjar Pranowo mengatakan, pendidikan merupakan garda terdepan dalam menghadapi kemajuan teknologi yang begitu pesat. Mahasiswa baru harus dibekali berbagai perkembangan mulai dari masuk kampus, sehingga saat lulus sudah siap ke dunia nyata.

"Setiap mahasiswa baru harus dibekali pengetahuan tentang kemajuan teknologi dan profesi apa yang akan lahir 5 hingga 7 tahun ke depan. Sehingga saat lulus kuliah sudah siap kerja dan beradaptasi serta mampu berkompetisi tidak hanya dalam negeri tapi luar negeri," ucap Ganjar.

Pada waktu yang sama, Universitas Pancasila (UP) bersama Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) dalam rangka sinergitas di bidang kehumasan yang ditandatangani Rektor Universitas Pancasila Prof Edie Toet dan Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof Toni Toharudin.

Baca juga : Cinta Quran Foundation Sukses Gelar Amazing Muharram 12, Dihadiri Sandi dan UAS

Prof Toni mengatakan, kolaborasi ini juga akan mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. “Implementasi dan pemantauan yang ketat akan menjadi kunci kesuksesan dalam memastikan bahwa tujuan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan pendidikan tinggi benar-benar tercapai," ucapnya.

Kerja sama yang dijalin terdiri dari pengelolaan media dan proyek Higher Education Roadshow yang akan digarap bersama antar 2 institusi. Higher Education Roadshow merupakan proyek yang digagas LLDikti Wilayah III melalui program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Prof Eddie menjelaskan, kerja sama ini merupakan upaya untuk mempermudah kolaborasi dan komunikasi dalam mengatasi berbagai kendala mengenai pengabdian kepada masyarakat, khususnya di bidang kehumasan. Selain itu, lanjut Edie, dalam jangka panjang, upaya ini akan membantu menciptakan pendidikan yang lebih inklusif, aman, dan bermutu bagi generasi mendatang, serta menghormati hak setiap warga negara, khususnya di Universitas Pancasila, LLDikti Wilayah III, serta kampus-kampus lainnya di DKI Jakarta untuk memperoleh pendidikan yang layak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.