Dark/Light Mode

Universitas Budi Luhur Gelar Wisuda, Dihadiri Duta Besar Turki

Selasa, 31 Oktober 2023 22:15 WIB
Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino memindahkan kuncir salah satu wisudawan, di JCC, Jakarta, Selasa (31/10). (Foto: UBL)
Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino memindahkan kuncir salah satu wisudawan, di JCC, Jakarta, Selasa (31/10). (Foto: UBL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Budi Luhur (UBL) menggelar wisuda tahun akademik 2022-2023 untuk Diploma 3 (D3), Strata 1 (S1), maupun Magister (S2) sebanyak 1.431 wisudawan, di Jakarta Convention Centre (JCC), Selasa (31/10). Rektor Universitas Budi Luhur Wendi Usino mengatakan, gelaran wisuda kali ini menjadi spesial dengan kehadiran tamu dari Turki.

"Biasanya yang memberikan speech adalah tamu dari dalam negeri. Untuk kali ini kita undang Duta Besar Turki untuk Indonesia yaitu Prof Askin Asan. Beliau adalah mitra saya atau kolega saya, seorang profesor juga di Universitas Marmara di Istanbul Turki," ungkapnya, di sela-sela kegiatan wisuda. 

Universitas Budi luhur telah melakukan kerja sama sejak lama, tepatnya sejak UBL tergabung dalam program Erasmus ++ yang diinisiasi negara-negara Eropa yang mempertemukan 17 universitas dari 12 negara. Tahun ini, tiga mahasiswa UBL mendapatkan kesempatan belajar selama satu semester di Universitas Anadolu Turki secara gratis. Mereka akan belajar pada bidang komunikasi dan desain visual.

Baca juga : Al-Azhar Mesir Gelar Wisuda Ribuan Mahasiswa Angkatan Gaza

“Ini merupakan sebuah kehormatan bagi Universitas Budi Luhur, karena Universitas Anadolu Turki adalah salah satu universitas terbaik di negeri tersebut dengan jumlah mahasiswa sekitar 2 juta orang. Mahasiswa kita akan belajar di sana,” tambahnya.

Selain itu, UBL dan Universitas Anadolu juga berencana melakukan program pertukaran dosen dan mahasiswa. Untuk tahap awal, UBL akan mengundang dosen dari Anadolu University untuk mengajar mahasiswa UBL.

“Kita akan hadirkan dosen terkemuka dari Universitas Anadolu beberapa minggu, selanjutkan akan kita selenggarakan melalui online. Setelah dosen, kita akan berlanjut dengan pertukaran mahasiswa,” tambahnya.

Baca juga : Unisba Kukuhkan 4 Guru Besar Baru

Dia juga menyampaikan, bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan program D3 atau S1, UBL membuka pintu selebar-lebarnya bagi para lulusan Universitas Budi Luhur, jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di Universitas Budi Lubur. 

"Yang ingin studi lebih lanjut, baik di S2 akan kita terima dengan senang hati. Dan mudah-mudahan mereka juga menjadi orang-orang yang cerdas dan berbudi luhur, mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan di kampus Budi Luhur," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, secara virtual, mengucapkan selamat wisudawan Universitas Budi Luhur 2022-2023. Dia menyatakan, sumber daya manusia (SDM) yang unggul tinggi mampu bersaing meningkatkan pariwisata Indonesia.

Baca juga : Cari Bibit Muda, Universitas Budi Luhur Gelar Balap Sepeda MTB Trail Race

"Marilah kita kerja keras bisa bersaing tingkat global dengan jurus jitu 3S yaitu speed, solid, dan smart. Kepada orang tua wisudawan, selamat atas prestasi yang diraih," ucap Sandi.

Sementara, Wendi Usino berpesan, agar para wisudawan tidak meninggalkan nilai-nilai kebudiluhuran yang selama ini didapatkan di Kampus Budi Luhur.

"Tetap dalam budaya kita, jadilah manusia yang cerdas dan berbudi luhur. Karena cerdas saja tidak cukup, harus dibarengi dengan kejujuran. Karena banyak orang cerdas yang menggunakan kecerdasannya untuk hal-hal yang negatif," tutupnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.