Dark/Light Mode

Air Kampus: Mengadvokasi Kesadaran Hidrasi di Lingkungan Kampus

Rabu, 22 November 2023 22:08 WIB
Offline Campaign Air Kampus di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). (Foto: Istimewa)
Offline Campaign Air Kampus di Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI). (Foto: Istimewa)

Kompetisi Voice of Youth Challenge diadakan Univeritas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan Danone-AQUA. Kompetisi ini bertujuan mendorong mahasiswa menghasilkan ide kreatif dan inovatif untuk dapat mengajak dan menginspirasi masyarakat, dalam dua kategori tema utama yang dapat dipilih yaitu “Sadar Hidrasi” dan “Manajemen Sampah". 

David Fernando Aritonang dan Alifya Zhafira Ananda merupakan inisiator "Air Kampus #HidrasiUntukPrestasi " yang berhasil masuk 10 besar pada kategori "Sadar Hidrasi". Sebagai Project Leader, David menekankan pentingnya kesadaran akan hidrasi pada mahasiswa yang memiliki sebagian besar kesehariannya di lingkungan kampus, mengikuti kelas, organisasi, dan kepanitiaan. Minum air yang cukup 2 liter per hari sangat penting untuk menjaga kesehatan dan tetap fokus dalam menjalankan aktivitas yang padat.

Air Kampus adalah sebuah program campaign yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya #HidrasiUntukPrestasi di kalangan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan di seluruh Indonesia. Air Kampus berkomitmen untuk memberikan edukasi, informasi, dan dukungan dalam menjaga hidrasi yang sehat. Air Kampus berfokus pada empat kegiatan utama, seperti Konten Kolaborasi dengan Lembaga Kemahasiswaan, AQUA Youth, Kompetisi #HidrasiUntukPrestasi, dan Seminar #HidrasiUntukPrestasi. Inisiatif ini akan dilakukan implementasi tahap idea validation selama kurang lebih satu bulan pada November 2023. 
8 mahasiswa FTUI yang terpilih tenjadi AQUA YouthProgram AQUA Youth adalah pemilihan 8 mahasiswa yang berbeda-beda jurusan sebagai duta Air Kampus atau agen untuk mensosialisaikan kegiatan Air Kampus. Berikut adalah beberapa kegiatan dan peran utama AQUA Youth dalam program ini:

1. Pelatihan dan Edukasi: AQUA Youth akan menerima pelatihan khusus tentang pentingnya hidrasi, manfaat air minum yang cukup, dan cara-cara efektif untuk mengedukasi teman-teman mereka khususnya melalui media sosial. Selain itu, AQUA Youth mengikuti pelatihan design menggunakan aplikasi Figma, dan kelas public speaking & personal branding untuk meningkatkan aspek softskill dan hardskill mahasiswa. 

2. Innovator Campaign: AQUA Youth aktif di media sosial untuk berbagi konten edukasi tentang hidrasi dan pemanfaatan water station, seperti infografis, foto, video pendek, dan instagram stories di akun pribadi mereka serta akun @airkampus.id. 

3. Program Support: AQUA Youth akan berperan aktif dalam semua program yang diselenggarakan oleh Air Kampus dan jembatan komunikasi antara Air Kampus dan mahasiswa dan organiasi di jurusan atau departemen masing-masing.
Poster Kompetisi #HidrasiUntukPrestasiKompetisi #HidrasiUntukPrestasi adalah bagian integral dari kampanye Air Kampus. Tujuannya adalah untuk mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam kampanye dan berbagi kreativitas mereka dalam mendukung pesan #HidrasiUntukPrestasi. Ada 3 jenis kompetisi dalam program ini yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa: 

1. Cerita Hidrasi: Challenge bercerita pengalaman pemenuhan kebutuhan hidrasi di kampus melalui Instagram Stories
2. Cerita Prestasi: Kompetisi berupa foto di Instagram Feed cerita inspiratif mendapakan prestasi dan bagaimana pentingnya hidrasi dalam meraih prestasi. 
3. Cerita Hidrasi Untuk Prestasi: Kompetisi berupa video kreatif 1-3 menit tentang pentingnya pemenuhan kebutuhan hidrasi untuk mahasiswa. 
Kompetisi diadakan mulai dari tanggal 8-26 November 2023. Para pemenang kompetisi akan diberikan penghargaan berupa e-certificate dan uang tunai. 

Seminar #HidrasiUntukPrestasi adalah bagian dari inisiatif kampanye Air Kampus sekaligus menutup rangkaian program Air Kampus pada tahap idea validation ini yang akan diadakan pada 28 November 2023 di FTUI. Seminar ini dapat menjadi wadah informatif dan inspiratif untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hidrasi dalam mencapai prestasi akademik, fisik, dan mental yang optimal di kalangan mahasiswa.

Seminar diisi narasumber ahli dalam bidang kesehatan yaitu Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK(K) selaku Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI dan narasumber perwakilan mahasiswa yaitu Maurice Efroza selaku Indonesia’s SDGs Campus Ambassador yang akan memberikan wawasan dan pengetahuan yang berharga tentang pentingnya air dalam kesehatan dan meraih prestasi di lingkungan kampus

Melalui program campaign Air Kampus ini, David dan Alifya sebagai finalis Voice of Youth Challenge mengajak mahasiswa di seluruh Indonesia untuk menyadari dan saling mengingatkan untuk sadar akan pentingnya hidrasi. Kegiatan Air Kampus ini harapannya akan terus dilanjutkan tidak hanya di lingkungan FTUI, juga di seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya #HidrasiUntukPrestasi.

David Fernando Aritonang
David Fernando Aritonang
Mahasiswa, Inisiator Air Kampus #HidrasiUntukPrestasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.