Dark/Light Mode

Diikuti 124 Altet, APSF Gelar Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 Di Australia

Rabu, 15 November 2023 09:30 WIB
Federasi Pencak Silat Australia APSF - Victoria menggelar Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 tahun 2023 di Australia, Sabtu-Minggu, 11-12 November 2023. (Foto: KJRI Melbourne)
Federasi Pencak Silat Australia APSF - Victoria menggelar Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 tahun 2023 di Australia, Sabtu-Minggu, 11-12 November 2023. (Foto: KJRI Melbourne)

RM.id  Rakyat Merdeka - Federasi Pencak Silat Australia (APSF) - Victoria menggelar Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 tahun 2023 setelah sempat terhenti dikarenakan Covid-19.

Kejuaraan tahun ini digelar di MSAC Arena, Melbourne dan diikuti oleh 124 atlet yang mewakili hampir seluruh negara bagian di Australia, Sabtu dan Minggu (11 dan 12 November 2023).

Tidak hanya menggelar pertandingan pencak silat, namun kejuaraan tahun ini memperlihatkan pertunjukan budaya seperti seni pencak silat dan juga tarian Haka dari New Zaeland kepada seluruh peserta dna penonton yang hadir.

 

 

Baca juga : Yandri Susanto Ajak Teladani Pahlawan Nasional KH. Abdul Chalim

Pertandingan ini merupakan salah satu cara panitia untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai keberagaman budaya dunia dan memupuk semangat persatuan global melalui semangat kebersamaan terhadap seni bela diri.

Konsul Jenderal RI di Melbourne Kuncoro Waseso menyampaikan rasa bangganya atas perhelatan kejuaraan terbesar ini.

Menurutnya, pertandingan Ini bukan hanya merupakan ajang mencari atlet terbaik untuk mewakili Australia dan menumbuhkan sportivitas, tetapi merupakan sebuah ajang promosi budaya di Australia.

 

 

Baca juga : Bank DKI Kenalkan Produk Digital Dalam Kejuaraan Menembak Nasional Bank DKI Cup 2023

"Saya bisa mengatakan bahwa seluruh peserta dan panitia yang tergabung pada acara ini merupakan duta untuk Indonesia," ujar Kuncoro dalam keterangan pada RM.id, Rabu (15/11/2023).

Kejuaraan tahun ini mempertandingkan 2 kategori pertandingan yakni kategori tanding dan seni, diikuti oleh 11 perguruan pencak silat yang tersebar di beberapa negara bagian diantaranya: Victoria, New South Wales, South Australia, Western Autralia, Tasmania, Australian Capital Territory, dan Queensland.

“Antusiasme dari para atlet ini luar biasa, walaupun memang tahun ini ada sedikit perbedaan karena ada beberapa peraturan pertandingan yang berubah," ujar Kordinator Acara Diski Naim.

Namun menurutnya, hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk bertanding.

Peserta yang hadir juga tidak hanya dari komunitas Indonesia, banyak juga dari negara-negara Asia Tenggara lainnya yang berkompetisi pada hari ini.

Baca juga : AFC Cup, Bali United Siap Balas Kekalahan Lawan Wakil Australia

Diski mengatakan, hal menarik lainnya dari pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat Nasional ke-10 ini ialah usia atlet yang mengikuti pertandingan sangatlah beragam.

"Pada kategori seni, salah satu atlet mengikuti pertandingan dengan usia yang sudah tidak muda lagi," ujarnya.

Diski menambahkan, acara ini dapat menjadi platform bagi para pesilat dan peminat Pencak Silat dari semua aliran untuk menunjukan kemampuannya tanpa menghiraukan latar belakang apapun.

APSF menyampaikan bahwa setelah Kejuaraan Pencak Silat Nasional akan terus diadakan setiap tahunnya.

"Selain untuk mencari talenta-talenta pesilat terbaik, namun juga menumbuhkann kecintaan terhadap seni bela diri pencak silat. Tahun 2024, kejuaraan pencak silat nasional akan diadakan di Perth," ujar Diski.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.