Dark/Light Mode

Tim PKM FKG UI Gelar Penyuluhan pada Poli Gigi Bea Cukai, Kemenlu dan Kemenag

Selasa, 19 Desember 2023 00:07 WIB
Tim PPDGS Odontologi Forensik FKG UI (Foto: Istimewa)
Tim PPDGS Odontologi Forensik FKG UI (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Sp-1 Odontologi Forensik FKG UI. Tim terdiri dari enam dosen dan 16 mahasiswa. Enam dosen itu adalah Ferry Gultom, Nurtami, Prof Elza Ibrahim, Mindya Yuniastuti, A Winoto, dan Ria Puspitawati.

Mereka mengadakan kegiatan PKM dengan tema sosialisasi penggunaan Rekam Medis Gigi Sesuai Standar Kemenkes dengan sasaran dokter gigi dan perawat gigi di Bea Cukai, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan Kementerian Agama (Kemenag) pada 8, 10, dan 25 November 2023.

Baca juga : Telan Sikat Gigi Demi Keluarkan Makanan

Ketua Tim PKM Ferry Gultom menjelaskan, tujuan pelaksanaan PKM ini untuk menyebarluaskan informasi mengenai pentingnya dan wajibnya setiap tenaga kesehatan dalam bidang kedokteran gigi untuk melengkapi rekam medis gigi secara baik dan benar.

“Pelaksanaan PKM terdiri dari persiapan, pelaksanaan lapangan, pembuatan laporan dan luaran. Mitra PKM adalah tim poliklinik gigi dari Bea Cukai, Kemenlu dan Kemenag,” jelasnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (18/12). 

Baca juga : Firli Bahuri Penuhi Panggilan Dewas KPK Terkait Pertemuan Dengan SYL

Hasil diskusi PKM ini, lanjut Ferry, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengisian rekam medis gigi harus selalu dilakukan dengan tepat dan baik pada semua pasien yang datang berobat. Mitra PKM sangat antusias terhadap kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan Tim PKM Prodi Sp-1 Odontologi Forensik FKG UI dan mengharapkan kegiatan dapat berkelanjutan.

Luaran kegiatan PKM ini berupa materi ajar, artikel jurnal, video kegiatan, dan HKI-Hak Cipta. Keberhasilan program pengabdian ini berkat dukungan Pendanaan Pengabdian kepada Masyarakat dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.