Dark/Light Mode

Tantangan Keamanan di Era Teknologi Robotika

Rabu, 8 Mei 2024 11:28 WIB
Robot (Sumber: centraldata.co.id)
Robot (Sumber: centraldata.co.id)

Perkembangan teknologi digital kian hari kian pesat. Terutama di bidang Artificial Intelligence atau AI, big data, dan teknologi robotika. Yang tentu saja hal ini menyebabkan berubahnya pola hidup kita sebagai manusia. Seperti yang telah kita ketahui bahwa baru-baru ini revolusi digital atau teknologi digital menyebabkan robot semakin terintegrasi ke dalam berbagai sektor kehidupan. Di antaranya seperti pertanian, medis, penegak hukum (polisi), pembawa acara, bidang industri dan logistik. Dari penggunaan robot yang tersebar ke berbagai sektor ini membuat teknologi robotika tidak hanya meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup, tetapi juga menghadirkan tantangan baru terkait etika, privasi, dan keamanan yang harus diatasi secara bijaksana.

Berbicara mengenai teknologi robotika, tentunya mungkin ada yang belum tahu mengenai robotika ini. Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian teknologi robotika, hingga tantangan terkait etika, privasi, dan keamanan yang menjadi fokus kita pada artikel ini. Tantangan dan ancaman yang harus diatasi oleh kita untuk masa depan yang akan datang.

Perkembangan yang semakin pesat dibuktikan dengan adanya banyak sekali robot yang dilengkapi dengan sensor kamera, mikrofon, dan sensor lainnya yang dapat menyimpan dan mengumpulkan data secara signifikan tentang lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Tentu saja hal tersebut menimbulkan banyak kekhawatiran banyak orang terkait dengan data privasi para individu yang mungkin saja terjadi kebocoran data dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Para ahli perlu memastikan bahwa data pribadi tersebut tidak disalahgunakan. Hal ini tidak hanya melibatkan perlindungan jaringan saja, akan tetapi juga melibatkan kebijakan yang memperkuat hak privasi individu dan menetapkan standar etika yang tinggi dalam penggunaan teknologi, khususnya teknologi robotika yang dibahas pada artikel ini. 

Dalam bidang robotika, yang semakin pintar dan dapat menciptakan perilaku yang mirip manusia, tentu saja memiiki kekurangan salah satunya yaitu penggunaan sensor camera hal tersebut memungkinan penyerangan ke area pribadi dan intim. Robot seperti ini perlu jaminan bahwa interaksi yang dimungkinkan oleh sensor camera mengikuti etika yang jelas. Robot dan sistem kendali yang terhubung ke Internet dapat menjadi target potensial  serangan siber. Keamanan data dan sistem menjadi aspek penting dalam mencegah potensi ancaman terhadap privasi dan keamanan pengguna.

Penting bagi kita yang sebagai user atau pengguna untuk memiliki kontrol dan pemahaman yang tepat tentang perkembangan teknologi masa kini terutama teknologi mengenai cara robot mengumpulkan, menyimpan, dan menggunakan data. Membangun mekanisme keterlibatan pengguna yang kuat dan memastikan transparansi dalam penggunaan data dapat membantu mengatasi masalah privasi.

Di era teknologi robotika yang pesat,  tentu tantangan keamanan, etika, dan privasi menjadi fokus utama yang harus diatasi. Sensor kamera dan pengumpulan data yang signifikan oleh robot menimbulkan kekhawatiran akan privasi individu dan potensi penyalahgunaan data. Perlindungan jaringan dan implementasi kebijakan yang kuat menjadi kunci dalam memastikan bahwa data pribadi tidak disalahgunakan.

Lebih dari itu, pengguna harus memiliki pemahaman yang kuat tentang teknologi yang digunakan, memperoleh kontrol atas data pribadi mereka, dan mendorong transparansi dalam penggunaan data. Seiring dengan kemajuan teknologi, pentingnya membangun lingkungan yang aman, terpercaya, dan etis dalam penggunaan teknologi robotika menjadi semakin mendesak. Dengan upaya bersama dari para ahli, pembuat kebijakan, dan pengguna, kita dapat mengatasi tantangan ini dan menciptakan masa depan yang terhubung dengan baik, inovatif, dan penuh dengan nilai-nilai keadilan dan integritas.

Alya Yasmin Salsabilla
Alya Yasmin Salsabilla
Alya Yasmin Salsabilla

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.