Dark/Light Mode

Banyak Mobil Baru, Dharma Polimental Ketiban Untung

Selasa, 16 November 2021 15:30 WIB
Industri komponen otomotif. (Foto: ist)
Industri komponen otomotif. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyaknya peluncuran mobil baru memberikan untung kepada industri komponen otomotif. Salah satunya dirasakan PT Dharma Polimetal (Dharma Group). 

Perusahaan milik Triputra Group tersebut mendapatkan peningkatan order untuk komponen otomotif dari pabrikan otomotif. Prospek kinerja perseroan pun akan menjadi lebih baik di tahun depan. 

“Dengan banyaknya model mobil baru yang bermunculan memberikan dampak yang baik terhadap permintaan pabrikan otomotif sekaligus memberikan multiplier effect yang lebih besar dalam mendorong kemajuan industri komponen otomotif ke depan,” ujar Presiden Direktur Dharma Group, Irianto Santoso, Selasa (16/11).

Baca juga : Kepala BPOM Baru Paham Plastik Mengandung BPA

Selain adanya insentif PPnBM, hadirnya penyelenggaraan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 juga menjadi salah satu faktor utama kenaikan permintaan komponen otomotif. 

Pada ajang pameran otomotif tersebut, Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) bersaing dalam menunjukan mobil keluaran terbarunya. Mobil baru yang luncurkan pun beragam mulai dari sport utility vehicle (SUV), plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) hingga electric vehicle (EV).

Menyambut momen kebangkitan industri otomotif tersebut, Dharma Group yang telah berpengalaman di industri otomotif nasional, saat ini mengandalkan sumber daya manusia yang kompeten dan melakukan otomatisasi menggunakan teknologi robotik. 

Baca juga : Gegar Otak, Marquez Dikabarkan Gantung Helm

Selain itu, Perusahaan juga didukung oleh infrastruktur yang memadai seperti lokasi pabrik yang cukup strategis dan terintegrasi, fasilitas penunjang dengan teknologi canggih, serta menerapkan digitalisasi di rantai proses bisnisnya dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Contohnya, saat ini Dharma Group telah menggunakan lebih dari 460 robot untuk menunjang skalabilitas produksi suku cadang kendaraan.

Irianto menambahkan, dengan didukung sumber daya manusia yang kompeten dan teknologi robotik yang canggih, pihaknya yakin bisa  memproduksi komponen otomotif dengan kualitas yang terbaik bagi model mobil baru customer. 

“Kehadiran mobil-mobil baru yang diproduksi oleh customer kami akan memberikan peningkatan permintaan komponen otomotif khususnya untuk roda empat untuk tahun 2022, sehingga dapat mengimbangi permintaan komponen otomotif roda dua,” ujarnya.

Baca juga : Hari Ini Ultah, Firli Bahuri Masuki Masa Pensiun

Sebagai informasi, hingga Semester I-2021, Dharma Group telah mencatatkan pendapatan sebesar Rp1,3 triliun dan laba bersih sebesar Rp 100 miliar. Baik pendapatan maupun laba bersih mengalami pertumbuhan dibanding tahun sebelumnya meskipun industri komponen otomotif sendiri belum pulih sepenuhnya.

“Kami sebagai perusahaan manufaktur komponen otomotif, optimis bahwa kehadiran mobil baru akan membangkitkan industri komponen otomotif ke depannya,” tutup Irianto. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.