Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Badan Siber dan Sandi Negara Diretas

Netizen Ngakak

Rabu, 27 Oktober 2021 07:50 WIB
Situs Badan Siber dan Sandi Negara (BSNN) diretas. (Foto: Istimewa)
Situs Badan Siber dan Sandi Negara (BSNN) diretas. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situs Pusat Malware Nasional (Pusmanas) milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menjadi sasaran peretasan. Mengetahui, BSSN diretas, warganet pun ngakak. Pasalnya, lembaga negara ini dibentuk untuk mencegah serangan siber.

Peretas merubah tampilan situs www.pusmanas.bssn.go.id. Tampilan situsnya diganti dengan gambar bertuliskan Hacked by theMx0nday. Lalu di bagian bawah tulisan itu ada logo BSSN disertai tulisan, “NSA da indonesia pwnetada fds KKKKKKKKKKKK”.

Tim hacker asal Brazil mengklaim berada di balik aksi peretasan tersebut.

Baca juga : Pegadaian Syariah Berikan Santunan Rp 2 Milyar untuk Masyarakat dan Nakes

Pembajakan dengan metode deface itu merupakan aksi balasan atas serangan siber pada situs pemerintahan Brazil.

Berdasarkan cuitan akun Twitter @son1x777, peretas yang menggunakan nama alias ‘theMx0nday’ sebagai identitasnya ini menyebut situs BSSN telah terkena serangan deface sejak Rabu (20/10) lalu. Bahkan, hingga kemarin situs Pusmanas belum dapat diakses.

Peretasan situs Pusmanas BSSN pun ramai dibahas warganet di medsos. Banyak yang kaget situs BSSN bisa ditembus hacker.

Baca juga : Sandiaga Uno Bakalan Dirangkul Parpol Lain

“Namanya memang mentereng, BSSN = “Badan Siber & Sandi Negara” yang Tupoksinya adalah memproteksi dan memverifikasi keamanan instansi-instansi Negara (dari segala serangan siber). Ironisnya malah kena hack sendiri?” cuit @KRMTRoySuryo2.

@secgron mempertanyakan kemampuan BSSN dalam melawan serangan siber. Sebab, lembaga ini bertanggung jawab untuk urusan Keamanan Siber Nasional ini malah jadi korban defacement.

“Yang dibahas malah masalah anggaran. Pertanyaan yang tepat seharusnya: BSSN ini sebenarnya ngapain aja sih? Apakah selama mereka berdiri ada gunanya?” cuitnya.

Baca juga : Laga Kedua Thomas-Uber, Skuad Garuda Dilarang Jemawa

@nikolausharbowo mengatakan, jika situs sekelas BSSN aja bisa dijebol bagaimana situs lembaga lain. “Pagi-pagi dapat kiriman foto lewat WA dari pengamat siber. “BSSN kena defacement,” katanya. Pas saya cek ternyata benar. Sampai sekarang, subdomain BSSN tersebut pusmanas.bssn.go.id, jg belum pulih,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.