Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dilantik Jadi Dubes Korsel, Gandi: Ini Kesempatan Berbakti Ke Negara

Rabu, 17 November 2021 19:53 WIB
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin berfoto bersama Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto Soeherman (kiri). (Foto: Ist)
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin berfoto bersama Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto Soeherman (kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kerap membuat langkah tak terduga dalam menempatkan seseorang pada posisi dan jabatan tertentu. Salah satunya dalam penunjukan Duta Besar RI.

Penetapan para Duta Besar baru-baru ini juga berisikan sejumlah kejutan, di antaranya saat Presiden menunjuk Gandi Sulistiyanto Soeherman sebagai Duta Besar RI untuk Republika Korea.

Padahal Sulis, panggilan akrabnya, bukanlah seorang diplomat karir ataupun politisi yang tergabung dalam partai tertentu. Ia adalah seorang profesional bisnis yang telah menjalani karir selama 39 tahun di beberapa grup bisnis terkemuka nasional.

“Menjadi Dubes adalah penugasan langsung dari Presiden Jokowi. Ini merupakan kesempatan berdarmabakti pada Negara. Ini juga panggilan yang luar biasa, dimana tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama,” kata Sulis.

Baca juga : Andika Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Pesan Korni

Sulis merasa bersyukur mendapat kepercayaan sebagai Dubes RI untuk Korea Selatan. Menurutnya negara tersebut memiliki industri manufaktur berkelas dunia sehingga Indonesia dapat belajar dari mitra yang tepat. Apalagi keduanya merupakan sesama negara G20.

Selain itu Korea Selatan juga sukses menduniakan industri kreatifnya seperti film, drama, musik, gaya busana hingga makanan. Sehingga restu keluarga pun menjadi lebih mudah.

“Terus terang, istri saya penggemar drama Korea jadi pasti setuju. Anak-anak dan cucu saya juga penggemar BTS dan Blackpink. Jadi memang cocok,” katanya

Belajar Dari Pendahulu

Baca juga : Dilantik Jadi Kepala BNPB, Ini Harta Mayjen Suharyanto

Menurutnya, Dubes RI untuk Korea Selatan sebelumnya yaitu Umar Hadi telah banyak membuat pencapaian luar biasa. Terlebih, Umar Hadi adalah seorang diplomat karir kawakan yang memiliki pengalaman luar biasa. Untuk itu, Ia merasa bersyukur bisa melanjutkan berbagai program dan kebijakan yang telah dirintis olehnya.

“Akan ada kreasi-kreasi baru nantinya. Tetapi landasan yang sudah dibuat oleh pendahulu saya membuat rencana kerja saya lebih mudah,” katanya.

Selain Umar Hadi, ia juga menganggap Dubes sebelumnya yaitu John Prasetyo-yang seperti dirinya, berangkat dari sektor usaha-banyak meletakkan hubungan bilateral yang cukup erat antar kedua Negara. “Intinya, saya mengapresiasi pendahulu saya yang sudah meletakkan dasar-dasar kerja. Ini merupakan complimentary terkait yang akan saya lakukan nanti,” pungkas dia.

Sulis mendapati beberapa persamaan antara pengabdian sebagai Dubes dengan karir terakhirnya di sebuah korporasi besar. Tugas sebelumnya meliputi dari dua hal utama. Pertama adalah diplomasi, atau berhubungan keluar menjangkau publik, juga pemerintah.

Baca juga : Resmi Jadi KSAD, Dudung Abdurachman Kini Berpangkat Jenderal

“Bagaimana agar program perusahaan yang ingin kita lakukan, dapat diterima tak hanya oleh internal manajemen, namun juga pemerintah dan publik. Itu kerja diplomasi,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.