Dark/Light Mode

NU Ingatkan Pemerintah Hati-hati Keluarkan Kebijakan Cukai Rokok

Senin, 22 November 2021 12:44 WIB
Petani tembakau. (Foto: Ist)
Petani tembakau. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Hal yang sama ditegaskan Ketua APTI Yogyakarta Martono. Dikatakannya, kalaupun pemerintah sangat terpaksa menaikkan kembali cukai rokok karena kesulitan dana untuk membiayai pembangunan, maka kenaikannya sebaiknya tidak lebih dari satu digit.

Baca juga : Lestari Ingin Pemerintah Galakkan Penanaman Pohon

"Kenaikan cukainya juga harus adil. Semua jenis rokok harus dikenai kenaikan cukai rokok, jangan satu jenis rokok tidak dikenakan kenaikan cukai, jenis lainnya kenaikan cukainya lebih tinggi," ujarnya.

Baca juga : PT Pegadaian Syariah Cabang Kelapa Gading Bantu Korban Kebakaran Koja

Sementara, Pengurus APTI Jawa Tengah Sunarso berharap, permasalahan dan derita para petani dan pelaku IHT tidak hanya dibahas lewat diskusi online. Tapi, dengan langkah nyata.

Baca juga : Pemerintah Tak Larang Mudik Tapi Sebaiknya Di Rumah Saja

"Jadi jika usulan tidak ditanggapi,kita dapat langsung mengajukan judicial review ke Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Karena itu kita juga perlu melibatkan perguruan tinggi dan pakar hukum dari beberapa perguruan tinggi," tutur Sunarso. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.