Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berguru Ilmu Pemerintahan, Bupati Pesawaran Sowan Ke Gubernur Ganjar Pranowo

Sabtu, 13 November 2021 18:02 WIB
Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang. (Dok: Humas Pemprov Jateng)
Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang. (Dok: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan Bupati Pesawaran, Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona, di rumah dinas Puri Gedeh. Dalam kesempatan itu keduanya saling bertukar pikiran mengenai pola pembangunan dan kebijakan di daerah masing-masing.

Dendi mengatakan, Kabupaten Pesawaran dan Jawa Tengah memiliki ikatan historis. Daerah itu lahir karena banyak transmigran dari Jawa Tengah. Di antaranya, Bagelen, Karanganyar, dan Kutoarjo.

Baca juga : Puan Minta Pemerintah Sigap Selamatkan Warga Terdampak Banjir

"Saya dari Kabupaten Pesawaran silaturahim ke beliau, sowan karena daerah saya itu cikal bakalnya juga dari Jawa Tengah, ada dari Bagelen Karanganyar, dan Kutoarjo. Saya bertukar pikiran dengan Bapak Gubernur yang luar biasa," ujar Dendi.

Pernyataan Dendi tersebut juga diperkuat dengan buku naskah arsip "Penelusuran Sejarah Kolonisasi Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Afdeeling Telok Betong (1905-1930)". 

Baca juga : Ketum PAN Minta Tips Bermedsos Ke Ganjar Pranowo

Dalam buku itu disebutkan wilayah Pesawaran merupakan lokasi transmigrasi pertama yang dipilih pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1905. Proyek itu juga disebut kolonisasi masyarakat Kedu di Pulau Jawa ke daerah Gedong Tataan, Telok Betong, Lampung.

Ikatan historis itu juga yang membuat Dendi berusaha menggali ilmu dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, khususnya terkait pola-pola pembangunan dan kebijakan di Jawa Tengah.

Baca juga : BI Perluas Akseptasi QRIS Di Pasar Dan Pusat Perbelanjaan

"Kami minta masukan agar bisa kami aplikasikan di Kabupaten Pesawaran kami tercinta. Hampir satu jam kami berbincang, rupanya keluar semua ilmunya dan insyaallah akan kami aplikasikan segala wejangan dan juga program beliau yang berhasil di Jawa Tengah untuk dibuat di Kabupaten Pesawaran," pintanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.