Dark/Light Mode

Yield Obligasi AS Naik, Rupiah Makin Loyo

Selasa, 23 November 2021 09:33 WIB
Rupiah dan dolar. (Foto: ist)
Rupiah dan dolar. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, nilai tukar rupiah dibuka melemah tipis 0,1 persen di level Rp 14.263 per dolar AS dibanding perdagangan kemarin di level Rp 14.249 per dolar AS.

Mayoritas mata uang Asia tercatat melemah terhadap dolar AS. Peso Filipina turun 0,09 persen, ringgit Malaysia melemah 0,05 persen, dolar Singapura minus 0,06 persen, won Korea Selatan minus 0,33 persen dari dolar AS, dan dolar Hong Kong minus 0,01 persen.

Baca juga : Teologi Sperma, Darah Dan Air

Indeks dolar AS terhadap sekeranjang enam mata uang saingannya naik 0,42 persen menjadi 96,53. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro minus 0,09 persen ke level Rp 15.992, terhadap poundsterling Inggris melemah 0,13 persen ke level Rp 19.069, dan terhadap dolar Australia melemah 0,15 persen ke level Rp 10.288.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra mengatakan, pergerakan rupiah dipengaruhi oleh kenaikan tingkat imbal hasil (yield) obligasi AS memberikan sentimen negatif untuk rupiah. Saat ini, yield obligasi AS tenor 10 tahun sudah kembali ke atas 1,6 persen.

Baca juga : Makin Ditekan, Elektabilitas Ganjar Malah Makin Nanjak

“Rupiah kembali tertekan. Kenaikan yield obligasi AS juga dipengaruhi spekulasi pasar terhadap potensi terpilihnya kembali Jerome Powell menjadi Gubernur The Fed untuk periode kedua,” jelasnya, di Jakarta, Selasa (23/11).

Pelaku pasar menganggap Powell akan mendukung rencana bank sentral AS, untuk melakukan pengetatan moneter karena inflasi terus naik di Negeri Paman Sam.

Baca juga : Jelang Akhir Pekan, Rupiah Joss Lagi

Ia pun memproyeksi, sepanjang hari ini rupiah bergerak melemah ke kisaran Rp 14.300 per dolar AS dengan support di kisaran Rp 14.220 per dolar AS. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.