Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bisnis Logistik Moncer, Trawlbens Perluas Jaringan Di Kota Besar

Rabu, 24 November 2021 18:18 WIB
Armada milik Trawlbens. (Foto: ist)
Armada milik Trawlbens. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang berakhirnya 2021, Trawlbens menambah jaringan kemitraan di 8 lokasi. Sedangkan 3 lokasi lainnya menyusul dalam tahap verifikasi data. 

Dengan bertambahnya jaringan kemitraan, diharapkan Trawlbens sebagai pelaku bisnis di industri logistik atau pengiriman akan semakin besar dan menjangkau banyak sasaran. 

Langkah ekspansi Trawlbens ini tak lepas dari bisnis logistik yang makin bersinar dan prospektif sejalan penggunaan layanan e-commerce dan marketplace. Sektor logistik di Indonesia sangat menjanjikan sebagai peluang bisnis. 

Baca juga : Dukung Bisnis, BNI Digitalkan UMKM Dan Koperasi lewat Jaringan Agen

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) memaparkan bahwa pertumbuhan bisnis logistik pada 2020 mencapai lebih dari 30 persen. Dan pertumbuhan sektor tersebut secara keseluruhan diperkirakan bisa mencapai Rp 40 triliun atau lebih setiap tahunnya.

Beni Syarifudin, pendiri sekaligus CEO Trawlbens mengatakan, saat ini, lokasi mitra bisnis Trawlbens yang sudah beroperasi antara lain Mataram, Surabaya, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Pontianak, Palembang dan Pekanbaru. Sedangkan 3 lokasi yang segera menyusul, yakni Yogyakarta, Makassar dan Batam. 

“Jadi, sampai akhir November ini akan ada 11 jaringan kemitraan yang beroperasi. Sedangkan hingga awal tahun 2022, kita memastikan di masing-masing kota tersebut sudah terjalin 20-30 kemitraan yang beroperasi,” ujarnya, Rabu (24/11).

Baca juga : Bantu Ekonomi Desa, Akmil Gelar Pelatihan Digitalisasi

Beni menjelaskan, pemilihan kota-kota tersebut didasarkan pada telah bergeraknya roda perekonomian di kota tersebut di bandingkan kota lainnya. Kemudian dilihat dari jalur pengiriman barang di kota tersebut yang ramai, bahkan ada yang menjadi HUB transit untuk logistik.

“Yang tak kalah penting, jumlah UMKM di kota-kota tersebut cukup banyak. Karena Trawlbens memang fokus untuk membantu dan meningkatkan bisnis para pelaku UMKM,” ujar Beni.

Pertimbangan lainnya, lanjut Beni dengan banyaknya kemitraan yang dimiliki akan semakin mendekatkan bisnis Trawlbens ke pelanggan. Tujuannya agar Trawlbens semakin dikenal dan popular terutama di kalangan pelaku UMKM dan bisnis lainnya. 

Baca juga : Besok, Jokowi Lantik Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Untuk wilayah Jabodetabek, Trawlbens sudah menjalin 50 sampai 60 mitra bisnis strategis. Sedangkan untuk kota-kota tertentu, mulai 1 Desember, Trawlbens membantu pelaku UMKM dengan memberikan gratis ongkos kirim alias gratis ongkir. Diharapkan bisnis UMKM semakin menggeliat, bergerak, tumbuh dan berkembang pasca pandemi. 

“Adanya mitra bisnis strategis ini membuat nilai bisnis TrawlBens mencatatkan pertumbuhan signifikan dibanding tahun lalu,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.