Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
- Turun Rp 11.000, Harga Emas Dibanderol Rp 1.343.000 Per Gram
- Akhir Pekan, Rupiah Melemah Ke Rp 15.985 Per Dolar AS
- Indra Karya Jempolin Manfaat Bendungan Multifungsi Ameroro Di Sulteng
- Pertamina EP Pertahankan Kinerja Positif Keuangan Tahun Buku 2023
- PGN Saka Kantongi Perpanjangan Kontrak WK Ketapang Bersama Petronas
Lewat PLN Mobile, Tambah Daya dan Pasang Listrik Kini Lebih Mudah
Jumat, 3 Desember 2021 17:50 WIB
RM.id Rakyat Merdeka - PT PLN (Persero) terus meningkatkan kemudahan pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan. Lewat PLN Mobile, pelanggan yang hendak tambah daya ataupun pasang listrik kini tidak perlu lagi repot mendatangi kantor PLN.
EVP Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi menjelaskan, masyarakat yang ingin tambah daya dan mengajukan pemasangan listrik saat ini bisa langsung mengajukannya lewat aplikasi PLN Mobile yang telah terinstal pada smartphone pelanggan.
Dalam aplikasi tersebut, PLN sudah menyediakan fitur Perubahan Daya dan Penyambungan Baru.
"Ini memudahkan pelanggan untuk bisa melakukan tambah daya dan pasang listrik. Prosesnya juga cepat, pelanggan tak perlu lagi datang ke kantor PLN. Petugas PLN akan langsung memproses permintaan layanan ke rumah pelanggan," ujar Agung.
Bagaimana cara mudah untuk tambah daya? Pertama, pelanggan membuka aplikasi PLN Mobile.
Baca juga : Lewat Program TJSL, PLN Kembangkan 71 Desa Wisata
Pada menu Kelistrikan yang berlogo meteran listrik, pelanggan bisa memilih layanan yang dibutuhkan. Ada penyambungan baru, perubahan daya atau penyambungan sementara.
Nantinya, dalam fitur tersebut pelanggan juga bisa langsung melihat besaran biaya dari layanan yang dipilih. Disini, pelanggan dapat memilih menu perubahan daya.
Selanjutnya, pelanggan dapat memilih salah satu dari id pelanggan yang sudah terdaftar di PLN Mobile untuk diajukan naik daya nya, atau dapat juga memasukkan id pelanggan lainnya.
Setelah memastikan lokasi sesuai, pelanggan akan diminta mengisi data-data termasuk pilihan besaran daya listrik naik daya nya.
Setelah memilih besaran kenaikan daya, pelanggan akan diarahkan ke laman selanjutnya, untuk data – data pelanggan.
Baca juga : Startup Moduit Raih Pendanaan Putaran Pra-Seri A Rp 65 M
Setelah proses pengisian data permohonan, klik submit permohonan. Kemudian pelanggan harus menyetujui Syarat & Ketentuan.
Jika setuju, lanjutkan pembayaran. Ada beberapa opsi pembayaran yang bisa dipilih seperti dompet digital maupun transfer bank melalui virtual account. Apabila telah sesuai, lanjutkan bayar.
PLN Mobile akan mengarahkan ke metode pembayaran yang dipilih.
"Misalnya jika memilih pembayaran di salah satu dompet digital, maka PLN Mobile akan mengarahkan ke aplikasi yang dipilih. Setelah pembayaran dilakukan, Anda bisa mengecek detil status permohonan Anda di riwayat permohonan," jelas Agung.
Fitur yang sama juga bisa digunakan bagi pelanggan yang akan memasang listrik di gedung atau tempat baru. Pelanggan tinggal memilih fitur penyambungan baru.
Baca juga : Produksi Smelter Meningkat, PT HNI Tambah Daya Listrik 90 MVA Dari PLN
"Sama seperti tambah daya, pelanggan akan mendapatkan rincian dari estimasi biaya pemasangan baru. Prosesnya cepat dan lebih ringkas. Detail biaya juga tercantum secara jelas, memastikan bahwa tidak ada pungutan liar dari proses ini," papar Agung.
Sama seperti tambah daya maupun pasang baru melalui PLN Mobile, pelanggan juga bisa langsung melakukan pembayaran secara online. Sistem pembayaran yang ditawarkan pun beragam.
"Berbagai inovasi yang diluncurkan PLN harapannya bisa meningkatkan experience masyarakat dalam mengakses kelistrikan. PLN berkomitmen terus memberikan pasokan listrik yang andal dan aman," tutup Agung. [FAZ]
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya