Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kilang Pertamina Internasional Mulai Produksi Bahan Bakar Setara EURO V

Selasa, 7 Desember 2021 20:30 WIB
Prosesi acara penyaluran perdana Pertamina Dex 10ppm pada Selasa (7/12). (Dok. KPI)
Prosesi acara penyaluran perdana Pertamina Dex 10ppm pada Selasa (7/12). (Dok. KPI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Inovasi perusahaan dalam menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dilakukan agar dapat memenuhi ekspektaksi pasar. Selain itu juga demi menghasilkan bahan bakar kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Kali ini PT KPI kembali memberikan inovasi dari kilang Balongan dengan menghasilkan produk berkualitas tinggi. Dan mendukung penurunan emisi yakni Pertamina Dex Sulphur 10 ppm (Ultra Low Sulphur Diesel).

Pertamina Dex 10 ppm ini diyakini setara EURO V dengan Cetane Number 53 yang dapat memaksimalkan pembakaran untuk performa mesin, kadar sulfur terendah yang menjadikannya bahan bakar ramah lingkungan.

Serta adanya kandungan aditif pelindung untuk mencegah korosi mesin dan maksimal dalam melindungi keawetan mesin.

Baca juga : Keren! Pertamina Hulu Indonesia Raih Best of the Best Di Ajang UIIA 2021

Direktur Utama PT KPI Djoko Priyono menyatakan, bahwa Penyaluran Perdana Pertamina Dex 10ppm adalah bukti kolaborasi dan sinergi antara subholding Refinery & Petrochemicals dan subholding Commercial & Trading yang bekerjasama mengkomersilkan produk unggulan ini.

Sinergi antar subholding ini juga untuk mendukung pencapaian aspirasi Pertamina menjadi perusahaan dengan nilai pasar 100 miliar dollar pada tahun 2024.

Untuk diketahui, Prosesi acara penyaluran perdana Pertamina Dex 10ppm digelar, Selasa (7/12), di Indramayu.

Bupati Indramayu, Nina Agustina menyampaikan, dengan diproduksinya Pertamina Dex 10ppm oleh PT KPI Kilang Balongan, akan lebih memantapkan Pertamina dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat terutama dalam penyediaan energi yang lebih berkualitas.

Sebuah inovasi BBM yang sangat ramah lingkungan dengan kandungan sulfur yang rendah yaitu 10 ppm.

Baca juga : Hari Relawan Internasional, KREKI Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Produk ini dapat mengurangi dampak emisi gas buang yang membuat lingkungan lebih sehat.

Nina juga berharap dengan diluncurkannya produk Pertamina Dex 10 ppm ini dapat membawa Pertamina untuk semakin sukses dan mendunia.

Proses penyaluran perdana Pertamina Dex 10 ppm ke konsumen ini dilakukan melalui sinergi dengan Subholding Commercial & Trading, PT Pertamina Patra Niaga – Regional Jawa Bagian Barat.

General Manager PT KPI Kilang Balongan Diandoro Arifian menambahkan, dalam proses produksinya, terdapat tantangan-tantangan yang harus dilalui sehingga perlu adanya evaluasi, modifikasi, serta optimasi untuk dapat menghasilkan produk ramah lingkungan ini.

Menurutnya, keberhasilan ini diperoleh dari kolaborasi super tim yang berasal dari berbagai fungsi yaitu engineering & Development, Refinery Planning & Optimization, Produksi, serta Maintenance.

Baca juga : 8 Tahun Berkiprah, Ini Capaian Pertamina Internasional EP

"Saya selaku General Manager RU VI Balongan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras para pekerja dan seluruh pihak yang terlibat dalam keberhasilan produksi Pertamina Dex 10 ppm ini,” katanya.

Dengan keberhasilan ini, PT KPI kilang Balongan berkomitmen untuk terus mengedepankan inovasi-inovasi dan diversifikasi produk untuk dapat menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi.

Produk yang mendukung salah satu poin Environmental, Social & Governance (ESG), yakni upaya untuk pengurangan emisi dengan menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.