Dewan Pers

Dark/Light Mode

Hari Relawan Internasional, KREKI Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar

Minggu, 5 Desember 2021 15:02 WIB
Pelatihan bantuan hidup dasar KREKI. (Foto: ist)
Pelatihan bantuan hidup dasar KREKI. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap 5 Desember, diperingati Hari Relawan Internasional, atau International Volunteer Day. Hari Relawan Internasional ini ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1985.

Hari peringatan ini adalah sebuah kesempatan bagi relawan, dan organisasi relawan, untuk meningkatkan kesadaran, dan mendapatkan pemahaman atas kontribusi yang mereka berikan kepada masyarakat.

Pada peringatan International Volunteer Day yang juga sekaligus HUT Komunitas Relawan Emaregensi Kesehatan Indonesia (KREKI) yang ke-3 mengadakan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi masyarakat awam. 

Berita Terkait : HNW Minta Kemensos Penuhi Hak Dan Bantuan Disabilitas

Bertempat di Summarecon Mall Bekasi, Pelatihan massal BHD yang akan menghadirkan 2000 peserta lebih dari masyarakat awam.

“Tujuan diadakannya Pelatihan Massal Bantuan Hidup Dasar (BHD) ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat awam untuk menjadi relawan Kesehatan dengan keterampilan standar penanganan pasien emergensi,” ujar  ketua Umum HUT Komunitas Relawan Emaregensi Kesehatan Indonesia (KREKI), DR. dr. Supriyantoro.

KREKI adalah wadah perkumpulan bagi para relawan emergensi kesehatan yang berbasis aplikasi teknologi informasi. KREKI didirikan dengan tujuan untuk mendukung program Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

Berita Terkait : Jelang Piala AFF, Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Di Singapura

Anggota KREKI terdiri dari berbagai unsur antara lain masyarakat umum (individu/komunitas) yang peduli dengan masalah emergensi kesehatan termasuk di dalamnya tenaga kesehatan.

Sebelumnya Tim Kreki juga meluncurkan aplikasi KREKI-119. KREKI-119 merupakan buah hasil kolaborasi KREKI dengan berbagai pihak untuk melengkapi kebutuhan kegawat- daruratan dalam bentuk aplikasi yang dapat diundur di Playstore.

Saat ini KREKI telah memiliki 12 Ambulance Gawat Darurat GRATIS untuk semua masyarakat, tersebar di Jabodetabek, Makasar, dan NTT dengan dukungan dari semua pihak yang berkomitmen kepada Kesehatan. [DIT]