Dark/Light Mode

FIFGROUP Explore Bekali Pelajar SMK Biar Siap Kerja

Sabtu, 18 Desember 2021 20:16 WIB
Graduation Ceremony FIFGROUP Experience Learning for Students (EXPLORE). (Foto: Ist)
Graduation Ceremony FIFGROUP Experience Learning for Students (EXPLORE). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak perusahaan PT Astra International Tbk PT Federal International Finance  atau FIFGROUP (FIF) melanjutkan program FIFGROUP Experience Learning For Students (EXPLORE) 2021.

Program tersebut bertujuan untuk mempersiapkan diri bagi pelajar untuk mampu menguasai sejumlah kompetensi. Antara lain pengetahuan bisnis, kemampuan berbahasa asing, pengetahuan digital hingga soft skill. Sasaran pembinaannya adalah pelajar SMK di Bandar Lampung dan Palu.

Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP Esther Sri Harjati mengatakan, program FIFGROUP Experience Learning for Students (EXPLORE) menjadi sebuah program pelatihan kerja. Para siswa-siswi kejuruan mendapatkan juga ilmu terapan di industri jasa keuangan.

"Adanya program ini diharapkan dapat mempersiapkan generasi muda untuk siap bersaing di tengah ketat dan banyaknya pencari kerja saat ini," kata Esther dalam keterangan persnya saat Graduation Ceremony dikutip Sabtu (18/12).

Baca juga : Wamen PUPR Ingin Politeknik PU Cetak SDM Unggul Dan Siap Kerja

Dia menjanjikan, seluruh peserta yang terpilih otomatis akan mendapatkan golden ticket dan berkesempatan untuk dapat bergabung dan berkontribusi di FIFGROUP. Menurutnya pintu FIFGROUP terbuka lebar bagi seluruh peserta yang telah berhasil lulus.

"Terutama di kantor Cabang FIFGROUP area Lampung dan Palu," kata Esther.

Bersamaan dengan itu, Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP, Yulian Warman mengucapkan selamat bagi seluruh peserta yang telah berhasil melewati berbagai tahapan yang ada selama program FIFGROUP Explore.

"Semoga ke depan, seluruh peserta terus memompa semangat dan jangan mudah berpuas diri atas pencapaian saat ini," kata Yulian.

Baca juga : Jadi Pejabat Harus Siap Dihujat

Dia mengingatkan, agar pelajar terus ikuti kesempatan yang ada. Juga manfaatkan seluruh platform yang dimiliki. "Tujuannya untuk meningkatkan skill dan kompetensi diri," kata Yulian.

Saat ini, program EKSPLORE berkolaborasi dengan SMK Negeri 4 Bandar Lampung dan SMK Negeri 2 Palu. Terjadi peningkatan jumlah pendaftar dalam penyelenggaraan FIFGROUP Explore pada tahun ini sebesar 22 persen, yaitu sebanyak 122 pendaftar dibanding tahun 2020 yang hanya sebanyak 100 pendaftar.

Di saat yang bersamaan, Kepala Sekolah SMK Negeri 4 Bandar Lampung, Dewi Ningsih, menyebut kegiatan ini menjadi pengalaman berharga bagi anak didik di SMK Negeri 4 Bandar Lampung.

"Kami berharap program ini dapat terus berlangsung kedepannya, sehingga lulusan SMK dapat mempersiapkan dirinya untuk masuk ke dunia kerja, khususnya di FIFGROUP,” kata Dewi.

Baca juga : BPIP: Implementasi Pancasila Butuh Kesadaran

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Palu Kasman, mendukung para siswanya. Dia mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil lulus. Program FIFGROUP EXPLORE ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi seluruh perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan angka serapan pekerja dari siswa-siswi lulus SMK di Indonesia.

Selama proses tersebut berlangsung, didapatkan 22 peserta terbaik dari 47 peserta yang telah memenuhi nilai standar kelulusan yang telah ditetapkan. Di samping itu, terpilih 2 nama peserta yang terpilih sebagai Best Participant, yaitu Roynaldi dari SMK Negeri 4 Bandar Lampung dan Dhina Amelia dari SMK Negeri 2 Palu.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengatakan, data terbaru BPS mencatat pada Agustus 2021 angka pengangguran di SMK mencapai 11,13 persen. Angka ini lebih rendah dibanding Agustus 2020 yang mencapai 13,55 persen dan juga dibanding Februari 2021 yang mencapai 11,45 persen.

Angka tersebut menjadi angka paling tinggi jika dibandingkan dengan tamatan jenjang pendidikan lainnya. Hal ini disebabkan, siswa-siswi pendidikan kejuruan hanya diberikan pembelajaran dan pengembangan keterampilan yang sesuai dengan standar jurusan yang telah ditetapkan. Tapi pembelajaran tersebut masih belum sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Itulah penyebab minimnya serapan tenaga kerja dari lulusan SMK. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.