Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Borong 8 Kapal Perang

Prabowo Itu, Sedikit Bicara Banyak Kerja

Sabtu, 12 Juni 2021 07:40 WIB
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, terus melakukan modernisasi alat utama sistem persenjataan alias alutsista. Terbaru, Prabowo memborong 8 kapal perang buatan Italia untuk memperkuat TNI AL.

Laporan pembelian kapal perang itu terpampang di situs Fincantieri. Fincantieri adalah sebuah perusahaan pembuat kapal perang asal Italia. Keduanya bersepakat menandatangani kontrak kerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Baca juga : Luhut Akui Tol Laut Banyak Kekurangan

Fincantieri akan menyuplai delapan kapal perang jenis Fregat kepada militer Indonesia. Rinciannya, enam Fregat kelas Fremm dan dua Fregat kelas Maestrale. “Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program,” kata CEO Fincantieri Giuseppe Bono dalam siaran persnya, kemarin.

Kesepakatan jual beli kapal perang antara Indonesia dan Italia semakin memperkuat hubungan dua negara. Bahkan, dikabarkan Fincantieri tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerja sama dengan PT PAL.

Baca juga : Smartfren GOKIL MAX Terbaru, Berikan Kuota Data Besar dan Harga Terjangkau

Sebagai gambaran, Fregat merupakan kapal perang berukuran sedang, berbobot antara 1.100-2.800 ton, dan dapat bergerak dengan lincah dan cepat. Sementara fremm merupakan program Fincantieri untuk mendesain dan memproduksi kapal-kapal canggih pertahanan eropa.

Produk yang dihasilkan oleh program tersebut akan menggantikan Fregat lawas produksi Fincantieri, yakni Fregat kelas Lupo dan Maestrale. Dua nama produk kapal perang ini diproduksi Fincantieri pada dekade 70.

Baca juga : AHY Bicaranya Keras

Produk-produk ini diganti dengan kapal perang anyar seperti, Antonio Marceglia. Kapal perang yang diproduksi Fincantieri melalui program Fremm itu diserahkan ke Angkatan Laut Italia pada 2019.

“Kapal-kapal dalam program Fremm merupakan kapal-kapal canggih pertahanan eropa dan Italia di Mediterania dan akan menggantikan fregat kelas Lupo dan Maestrale yang dibangun oleh Fincantieri pada 1970-an,” demikian keterangan resmi Fincantieri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.