Dark/Light Mode

Borong 8 Kapal Perang

Prabowo Itu, Sedikit Bicara Banyak Kerja

Sabtu, 12 Juni 2021 07:40 WIB
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, terus melakukan modernisasi alat utama sistem persenjataan alias alutsista. Terbaru, Prabowo memborong 8 kapal perang buatan Italia untuk memperkuat TNI AL.

Laporan pembelian kapal perang itu terpampang di situs Fincantieri. Fincantieri adalah sebuah perusahaan pembuat kapal perang asal Italia. Keduanya bersepakat menandatangani kontrak kerja sama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Berita Terkait : Andi Widjajanto: Data Bisa Dimanfaatkan Lawan Kita

Fincantieri akan menyuplai delapan kapal perang jenis Fregat kepada militer Indonesia. Rinciannya, enam Fregat kelas Fremm dan dua Fregat kelas Maestrale. “Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program,” kata CEO Fincantieri Giuseppe Bono dalam siaran persnya, kemarin.

Kesepakatan jual beli kapal perang antara Indonesia dan Italia semakin memperkuat hubungan dua negara. Bahkan, dikabarkan Fincantieri tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerja sama dengan PT PAL.

Berita Terkait : Andi Widjajanto: Kemhan Jalankan Prosedur Lazim

Sebagai gambaran, Fregat merupakan kapal perang berukuran sedang, berbobot antara 1.100-2.800 ton, dan dapat bergerak dengan lincah dan cepat. Sementara fremm merupakan program Fincantieri untuk mendesain dan memproduksi kapal-kapal canggih pertahanan eropa.

Produk yang dihasilkan oleh program tersebut akan menggantikan Fregat lawas produksi Fincantieri, yakni Fregat kelas Lupo dan Maestrale. Dua nama produk kapal perang ini diproduksi Fincantieri pada dekade 70.

Berita Terkait : Mega Senangnya Nggak Ketulungan

Produk-produk ini diganti dengan kapal perang anyar seperti, Antonio Marceglia. Kapal perang yang diproduksi Fincantieri melalui program Fremm itu diserahkan ke Angkatan Laut Italia pada 2019.

“Kapal-kapal dalam program Fremm merupakan kapal-kapal canggih pertahanan eropa dan Italia di Mediterania dan akan menggantikan fregat kelas Lupo dan Maestrale yang dibangun oleh Fincantieri pada 1970-an,” demikian keterangan resmi Fincantieri.
 Selanjutnya